Tips Mendapatkan AC dengan Harga Murah

tips mendapatkan ac dengan harga murah

Tips Mendapatkan AC dengan Harga Murah. Membeli AC atau pendingin ruangan memang tidak semudah membeli smartphone keluaran terbaru. Karena jika pemilihan AC tidak tepat, akan berujung pada penggunaan listrik yang berlebih dan juga ketidaknyamanan pengguna. Ada beberapa hal yang dapat Anda perhatikan dan pertimbangkan sebelum membeli AC. Berikut penjelasan singkatnya.

Tips Mendapatkan AC dengan Harga Murah

Pemilihan PK yang tepat

Pilihlah PK yang tepat sesuai dengan kebutuhan ruangan Anda. Jangan berlebihan, dan jangan pula kekurangan. Penggunaan PK yang tidak tepat akan membuat daya listrik terbuang percuma. Ada cara tepat yang dapat Anda gunakan untuk menghitung kebutuhan PK dalam ruangan. Gunakan rumus ini untuk mendapatkan hasil dalam satuan Btu.

= Luas ruangan dalam m2 x 500

= lebar x panjang x 500

Setelah dapat hasilnya, Anda dapat mengkonversikan berapa PK yang dibutuhkan untuk ruangan Anda.

  • ½ PK =5000 Btu/h (ruangan 10m2)
  • ¾ PK = 7000 Btu/h (ruangan 14m2)
  • 1 PK = 9000 Btu/h (ruangan 18m2)
  • 1 1/2PK = 12000 Btu/h (ruangan 24m2)
  • 2 PK = 18000 Btu/h (ruangan 36m2)

Tipe AC

AC split biasanya dibagi ke dalam tiga tipe, yaitu standard, low watt, dan inverter. Tipe standard dan low watt sebenarnya sama, namun tipe low watt menggunakan daya kompresornya dikurangi. Pada AC inverter, mesin akan bekerja keras di tarikan awal untuk mendinginkan ruangan dengan cepat. Ketika sudah mencapai suhu sesuai remote, makan AC inverter akan mengurangi kerjanya sehingga watt-nya akan berkurang.

Penggunaan Listrik

Pilihlah AC yang efisien dalam penggunaan watt sehingga tidak membuat tagihan listrik Anda membengkak. Jika Anda harus menyalakan AC hingga 10 jam sehari, pilihlah AC yang hemat listrik. Selain hemat biaya, Anda juga memiliki peran dalam menjaga lingkungan dengan cara menghemat penggunaan listrik.

Tersedia Fitur Tambahan

Saat ini banyak sekali produsen yang menawarkan beragam fitur tambahan yang sebenarnya tidak begitu penting. Dari beragam fitur tersebut, sebaiknya Anda pilih AC yang memiliki fitur penghilang bau tak sedap dan pembersih udara.

Keempat tips tersebut akan membantu Anda memilih AC yang tepat dan juga murah untuk perawatan kedepannya. Untuk membeli AC yang bagus, MatahariMall.com memiliki beragam merek terkemuka yang dapat Anda pilih. Aneka pilihan harga AC murah dan berkualitas dapat Anda temukan di MatahariMall.com.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

6 Comments

  • Ronal Gigih April 18, 2017 at 2:57 pm

    saya mau beli ac ni tapi masih bingung juga ukuran mana yg cukup buat ruang tamu, setelah baca artikel ini jadi tahu apa-apa yang harus di perhatiin di PK,nya trimakasi gan

    Reply
  • pendekar berjubah April 22, 2017 at 12:39 am

    wahh. thanks infonyaa.. berguna bangett

    Reply
  • Nofantoro April 23, 2017 at 7:33 am

    wah… terimakasih tipsnya,, bisa jadi referensi kala hendak membeli Ac

    Reply
  • inspiring id April 24, 2017 at 6:14 am

    ada rumusnya juga ya ternyata untuk beli AC 🙂
    terimakasih mbak buat infonya

    Reply
  • baju muslim arab May 1, 2017 at 6:12 am

    Kalau biar hemat listrik itu pake apa sih ACnya?

    Reply
  • rumahulin May 5, 2017 at 6:23 am

    Baru tau saya ada istilah PK di AC, berarti standart untuk kamar cukup yang 1/2 PK ya mba?
    Untuk lihat PK nya dimana ya mba?

    Reply

Leave a Comment