PHRI BPD NTB, Ajak Para TATO Kota Kinabalu Sabah Mengenal Pulau Lombok

phri bpd ntb

PHRI BPD NTB, Ajak Para TATO Kota Kinabalu Sabah Mengenal Pulau Lombok. Sebagai salah satu upaya meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke Pulau Lombok, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) BPD NTB bersama dengan ASITA dan BPPD NTB menggaet Travel Agents and Tour Operators (TATO) Kota Kinabalu Sabah untuk lebih mengenal pariwisata Pulau Lombok melalui kegiatan Familiarization Trip dan Business Matching.

Kegiatan tersebut menghadirkan sebanyak 9 perusahaan TATO yang berasal dari Kota Kinabalu Sabah dan 3 orang perwakilan dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kota Kinabalu. Para undangan Familiarization Trip dan Business Matching ini tiba di Lombok sejak 16 April 2017 dan telah melakukan kunjungan ke beberapa objek wisata yang ada di Lombok, salah satunya yaitu ke Pantai Mandalika atau Pantai Kuta.

Sebagai puncak dari rangkaian kegiatan tersebut, maka pada 18 April 2017 kemarin, bertempat di Roof Top Golden Palace Hotel Lombok diadakan jamuan makan malam sekaligus business matching antara pihak travel agent Kota Kinabalu dengan travel agent yang ada di Pulau Lombok.

Selain para peserta Familiarization Trip dan Business Matching dari Kota Kinabalu, pada acara jamuan makan malam tersebut hadir pula Ketua PHRI NTB H. Lalu Abdul Hadi Faesal, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) H. Affan Ahmad, Ketua Association Of The Indonesia Tours and Travel Agencies (ASITA) NTB Bapak Dewantoro Umbu, serta rekan-rekan dari perusahaan hotel di Lombok.

phri bpd ntb

Pada kesempatan tersebut, dilakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MOU) antara kedua belah pihak, Kinabalu dan Lombok. Keduanya berkomitmen untuk sama-sama all out membantu mempromosikan pariwisata, dimana Kinabalu akan memperkenalkan Lombok di daerahnya, demikian juga sebaliknya. Seperti yang ditegaskan oleh Hendro Retno Wulan, sebagai perwakilan dari Konsulat Jenderal RI (KJRI) Kota Kinabalu, bahwa dirinya bersama dengan Konsulat Jenderal RI yang ada di Asia Tenggara sudah sepakat untuk mempromosikan pariwisata Lombok.

Salah seorang perwakilan agen travel dari Kota Kinabalu, Samuel Chu pun tidak henti-hentinya memuji keindahan Pulau Lomboknya. “Lombok is wonderful! Lombok is funtastic”, ujar Samuel. Menurutnya, ini adalah kunjungan pertamanya ke Lombok dan Ia sangat terkesima. Samuel Chu juga berjanji akan kembali ke Lombok dalam waktu dekat bersama timnya untuk lebih banyak menjelajahi keindahan objek wisata di Lombok.

Melihat respon yang datang dari para peserta Familiarization Trip dan Business Matching tersebut selama berada di Lombok, Ketua PHRI NTB, H. Lalu Abdul Hadi Faishal sangat optimis bahwa Malaysia Timur (termasuk di dalamnya Kota Kinabalu Sabah) akan menjadi bidikan serius dari PHRI untuk didatangkan ke Lombok. “Malaysia Timur potensial untuk lebih banyak berkunjung ke Lombok. Karena selama ini masih didominasi dari Malaysia Barat,” ujarnya. “Di samping itu, Malaysia dan Indonesia juga memiliki latar belakang budaya yang hampir sama, sehingga ikatan ini akan semakin mempererat hubungan kedua negara,” ungkap Hadi.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB Affan Ahmad pun menegaskan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu ikhtiar bersama antara pemerintah dan stakeholder pariwisata NTB. Dengan harapan kunjungan tersebut dapat membawa dampak positif terhadap pariwisata di NTB, baik dalam jangka pendek maupun panjang. Selain itu hal ini juga untuk mencapai target yang telah ditetapkan pemerintah pusat, yakni 3,5 juta kunjungan wisatawan ke NTB selama 2017 ini.

Semoga harapan-harapan tersebut tercapai ya dan semakin banyak wisatawan dari Kota Kinabalu yang berkunjung ke Lombok maupun Sumbawa 🙂

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

6 Comments

  • Sijai April 21, 2017 at 12:34 pm

    dari Lombok dan Sumbawa, maju terus NTB!

    Reply
  • Vicky Laurentina April 27, 2017 at 4:37 am

    Jalur lalu lintas wisatawan antara Kinabalu dan Lombok masih berbelit-belit. Rute termurah dan tercepat masih harus transit di Kuala Lumpur dulu. Itu memperpanjang lama penerbangan yang mesti ditempuh wisatawan dari Kinabalu menuju Lombok.

    Mudah-mudahan pertemuan ini tidak cuma mengundang operator travel agent, tapi juga mengundang maskapai penerbangan untuk memanfaatkan pasar wisatawan Kinabalu yang ingin tamasya ke Lombok.

    Reply
  • Siswo April 29, 2017 at 2:31 am

    Pengin berwisata ke Lombok tapi belum kesampaian. Semoga dalam waktu dekat bisa kesampaian.

    Reply
  • kcollent April 29, 2017 at 11:09 am

    Keren, maju terus lombok 😀

    Reply
  • ranselusang April 30, 2017 at 9:27 pm

    Semoga Lombok bisa lebih di kenal oleh wisatawan asing,bukan hanya sekedar gili trawangan dan rinjani.Lebih dari itu,lombok menyimpan berbagai cerita dan sejarah untuk lebih bisa di tunjukan lagi ke pada semua orang

    Reply
  • Sumbersejarah June 24, 2017 at 12:31 am

    Semoga wisata di lombok bisa go internasional hehe

    Reply

Leave a Comment