Selamat Jalan Mas CumiLebay, Kami Menyayangimu…

Selamat Jalan Mas CumiLebay, Kami Menyayangimu… Ya, kami semua menyayangimu. Tapi tentu saja Allah jauh lebih sayang kepadamu. Kepada hamba-Nya yang tak pernah meninggalkan shalat 5 waktu, puasa senin-kamis, qiyamul lail dan selalu berbuat baik kepada orang-orang di sekitarnya. Ah, siapa yang tidak sayang pada CumiLebay? Travel blogger papan atas yang selalu rendah hati dan tidak pernah pelit berbagi ilmu. Kepergianmu rasanya begitu cepat, begitu tiba-tiba, dan kami semua merasa begitu kehilangan. Tapi sekali lagi, Allah lebih sayang kepadamu. Bagaimanapun tentu saja kami harus mengikhlaskan kepergianmu. Tulisan ini, saya harap bisa menjadi suatu catatan yang kelak bisa saya kenang. Tentang Mas CumiLebay, tentang pertemuan kita.

Dan kembalilah kamu kepada Tuhan Mu dan berserah dirilah kepada Nya. Sebelum datang kepadamu azab yang kamu tidak dapat ditolong lagi.
Happy Weekend … Jangan lupa terus mendekatkan diri pada Sang Pencipta. -cumilebay

Februari 2016, Kopdar Pertama dan Terakhir Kita

Saya belum begitu mengenal lama sosok Moechamad Adi Mariyanto atau yang akrab disapa CumiLebay. Ya, tepatnya di tahun 2015 kami saling blogwalking. Lalu bertegur sapa di twitter. Kami merencanakan ingin kopi darat (kopdar) jika suatu saat Mas Cumi berkunjung ke Lombok. Rencana kopdar itu akhirnya terlaksana pada 21 Februari 2016. Saat Mas Cumi dan rombongan Newmont Bootcamp baru selesai mengikuti serangkaian kegiatan di Sumbawa dan akan beristirahat sehari di Lombok. Beberapa waktu sebelumnya kami ngobrol di WA jikalau ada kemungkinan bisa bertemu. Dan semesta mendukung! Bus yang ditumpangi rombongan Mas Cumi akan singgah makan siang di Mataram, untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Kila Senggigi Beach Lombok.

Hidup nggak usah terlalu ngoyo mengumpulkan harta, apalagi dengan segala cara sampai harampun dihajar.
Hartamu takkan bisa menolong mu di akhirat nanti. Carilah harta yang halal dan banyaklah bersedekah di jalan Allah karena itu yang akan menjadi tabunganmu di akhirat nanti. -cumilebay

Saya menunggunya di berugaq paling belakang di tempat yang sudah diinfokan oleh Mas Cumi. Saya bilang, kabari kalau sudah tiba. Biar saya ke depan. Beberapa menit kemudian, sebuah pesan masuk ke hp saya. “Hei, saya sudah sampai yaa..di mana?”. Baru saja saya hendak membalas pesannya, seorang pria tampak berjalan menuju tempat duduk kami. Dari kejauhan dia sudah menyapa. “Hai…Andy kan? Yuk ah kita makan bareng di depan. Gue udah bilang sama mereka kalau mau ketemu sama blogger Lombok juga”. Lalu saya terdiam sejenak, ini yang seleb sebenarnya siapa? Kok malah saya yang disamperin? Nih orang kok humble bener?

Ya Allah..Mas Cumi, itulah kopdaran pertama dan terakhir kita.

Travel Blogger yang Baik dan Tidak Pelit Berbagi Ilmu

Saya percaya, semua orang setuju bahwa Mas Cumi adalah seorang travel blogger yang baik dan tidak pelit ilmu. Saya ingat sekali bagaimana saat pertama kalinya saya memutuskan diri menjadi professional blogger. Perihal urusan kerja sama dan lain-lain. Sebagian besar adalah hasil belajar dari Mas Cumi. Dan nama CumiLebay tidak pernah luput saya sebutkan setiap kali berbagi pengalaman dengan teman-teman blogger di Lombok.

Dan pukul 7 pagi tadi, saya di-WA oleh Safprada, yang menanyakan apakah benar Mas CumiLebay telah meninggal dunia? Tentu saja saya kaget, pesan tersebut tidak langsung saya balas. Saya yang memang belum mengecek media sosial sama sekali langsung sigap membuka laptop dan membaca satu per satu timeline facebook. Innalillahi wainnailaihi rojiun…ternyata benar bahwa engkau sudah kembali ke pangkuan Allah SWT, Mas… πŸ™

Tidak banyak yang bisa saya tulis di postingan ini, Mas. Kehilangan tentu saja. Tidak ada lagi komentar-komentar dari seorang Moechamad Adi Mariyanto di facebook, tidak ada lagi cuit-cuitanmu di twitter, tidak ada lagi caption penuh maknamu di instagram, dan tentu saja tidak ada lagi cerita perjalanan yang kami tunggu-tunggu setiap minggunya di blogmu.

Kita diajarkan untuk tidak berkesedihan yang tanpa alasan dan berkepanjangan, karena itu akan menambah kehancuran dan kebekuan hati. -cumilebay

Insya Allah engkau sudah Husnul Khatimah, Mas… Mas Cumi orang yang baik pun punya hubungan yang baik dengan Yang Maha Kuasa. Kau tahu Mas? Sedari pagi hingga petang ini orang-orang tak henti membicarakan dan mengenang kebaikanmu. Ah, semoga kebaikan-kebaikan itu membuat langkahmu semakin mudah menuju surga-Nya.

Selamat Jalan Mas CumiLebay, Kami Menyayangimu… tapi Allah SWT tentu lebih sayang kepadamu.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

37 Comments

  • Arina Mabruroh March 4, 2017 at 4:26 pm

    Sedih… benar banget beliau humble sekali.

    semoga husnul khatimah, aamiin…

    Reply
    • andyhardiyanti March 5, 2017 at 2:46 am

      iya, mbak. Orangnya humble banget. Gimana kita semua gak sayang coba? Hiks πŸ™

      Reply
  • Ika Puspitasari March 4, 2017 at 5:05 pm

    Duuuh dari tadi aku cuma bisa baca kesan2 teman2 di FB tentang Cumi dengan mata berkaca-kaca. Beliau cukup sering komen2 di blogku, akupun begitu. Meskipun nggak kenal langsung, aku tahu beliau orang baik. Cuma bisa mendoakan, semoga allah SWT melapangkan kuburnya, semoga husnul khatimah Moechamad Adi Mariyanto

    Reply
    • andyhardiyanti March 5, 2017 at 2:48 am

      Sama mbak. Semua timeline media sosial penuh dengan kesan teman-teman akan sosok Mas Cumi. Semua sayang dia. Mas Cumi orangnya baiiiiiik banget.

      Reply
  • stephanus christiono March 4, 2017 at 5:18 pm

    Bener-bener kehilangan salah satu Travel Blogger Hits Indonesia yang ceritanya selalu menarik.. Semoga om cumi mendapatkan yang terbaik. Amin..

    Reply
  • Helena March 4, 2017 at 5:57 pm

    Aku merasa kehilangan banget dengan kepergian om cumi. Belum pernah kopdar tapi udah sering BW dan komen-komen di IG dan Twitter. Beneran deh alm orangnya humble, ga pelit ilmu, dan mau nge-like atau BW duluan. Semoga Om Cumi tenang di sisi Allah SWT.

    Reply
    • andyhardiyanti March 5, 2017 at 2:53 am

      Iya mbak, semua orang sayang Mas Cumi. Kemarin malah ada teman SMA saya yang juga sedih atas kepergian beliau, dia bukan blogger, tapi emang pembaca setia blog cumilebay πŸ™

      Reply
  • zata ligouw March 4, 2017 at 6:43 pm

    huhuuhuuu…sedih banget denger beritanya kemarin pagi. Semoga alm mas cumi tenang di sisi-Nya, ya.., amiinnn…

    Reply
    • andyhardiyanti March 5, 2017 at 2:59 am

      Sama mbak. Sedih banget πŸ™
      Segala doa yang terbaik untuk almarhum πŸ™‚

      Reply
  • mpo ratne March 4, 2017 at 10:13 pm

    Walau tak pernah bertemu sama kakak cumilebay, tapi pas baca ini saya jadi tahu tentang dirinya. Turut berduka cita

    Reply
    • andyhardiyanti March 5, 2017 at 3:00 am

      Dia emang luar biasa. Satu timeline seharian bahkan sampai detik ini menceritakan betapa baiknya dia πŸ™

      Reply
  • ruli retno March 4, 2017 at 11:31 pm

    Saya aamiin kan semua doa utk beliau.. insyaAllah husnul khatimah…
    Allah pasti menyayangi orang-orang baik..

    Reply
    • andyhardiyanti March 5, 2017 at 3:01 am

      Amiiin…terima kasih untuk doanya mbak πŸ™‚

      Reply
  • andri March 4, 2017 at 11:43 pm

    Pengeetahuan beliau sangat banyak, tapi selalu mengosongkan gelas, jadi siapapun bakal senang didekatnya untuk saling berbagi ilmu.. sekali lagi selamat jalan si perjalanan tak berujung om cumi….matur nuwun kegembiraan yang selalu dibagi kepada kami lewat tulisanmu

    Reply
    • andyhardiyanti March 5, 2017 at 3:12 am

      Iya, dia gak pernah sungkan berbagi ilmu sama kita. Gak pernah nolak kau kita tanyain apa saja soal blog :”) Ah, Mas Cumi..saya masih aja kangen.

      Reply
  • angkisland March 5, 2017 at 2:34 am

    Blogger penuh inspirasi dan rendah hati… semoga Allah ampuni kita semua aamiin #Perjalanantakberujung

    Reply
  • Travenesia March 5, 2017 at 3:52 am

    Ya Allah, tiba tiba yah kabarnya :(. Selalu mampir ke blog, paling hobi ninggalin jejak berarti di dunia maya dan real world. He deserves the endless paradise. Amin. Anyway, kalau boleh tau penyebabnya apa kak?

    Reply
  • luthfan March 5, 2017 at 5:56 am

    Semoga amalan ibadahnya di terima.

    Reply
  • Nyi Penengah Dewanti March 5, 2017 at 8:44 am

    meski belum mengenal dekat tetapi sering denger beliau dibicarakan sebagai humble blogger. Semoga ibadahnya dipermudah hisabnya aamiin.

    Reply
  • meldian March 5, 2017 at 9:38 am

    semoga beliau tenang disisinya

    Reply
  • Leli March 5, 2017 at 11:04 am

    Waaah sampai di bikin post πŸ™‚
    Saya pun kagum sama mas cumi ini, awalnya saya kira orangnya nyeleneh kalau liat foto foto manja nya di pantai pantai sama ciwi ciwi ternyata beliau bener bener taat agama. He’se the one who prove that we shouldn’t judge a book by its cover only.

    belum lagi mas nya suka bw ke blog sayaa..
    Kalau BW ga pernah pilih2..
    Keren humble :’)

    Sempet kaget juga kemarin

    Reply
  • Fanny f nila March 5, 2017 at 12:12 pm

    Bakal kangeeeeen bgt nungguin komen mas cum yg akan prnh ada lg di blogku :(…

    Reply
  • lianny hendrawati March 5, 2017 at 1:16 pm

    Nggak ada lagi komen Mas Cumi di blogku.
    Semoga almarhum mendapat tempat terbaik di sisiNya.

    Reply
  • Lina W. Sasmita March 5, 2017 at 6:15 pm

    Iya, nggak ada lagi orang yang paling rajin BW ke blogku selain Mas Cumi. Hiksss.

    Reply
  • Rach Alida Bahaweres March 5, 2017 at 11:00 pm

    Semoga Allah menerima mas Cumi. Aamiin. Sedih sekali dan sampai sekarang masih tak percaya πŸ™

    Reply
  • Mukhsin Pro March 6, 2017 at 5:06 am

    Semoga tenang di alam sana om.

    Reply
  • Bimo Aji Widyantoro March 6, 2017 at 12:40 pm

    semoga diberikan tempat terbaik di sisiNya.
    sedih banget sekarang tidak ada lagi komentar mas cumilebay di setiap postinganku

    Reply
  • Amanda ratih March 6, 2017 at 2:44 pm

    Innalillahi wa inna ilaihi roojiun, sedih bangt dengan kepergian mas cum yg konyol abis

    Reply
  • Mugniar March 10, 2017 at 10:11 am

    Semoga beliau husnul khatimah ….
    Saya juga ikut sedih walau hanyamengenalnya dari blog walking.

    Tapi mendengar bbrp teman mengatakan beliau humble, rajin shalat, dan puasa, saya jadi makin merasa kehilangan.

    Reply
  • Irwin Andriyanto March 12, 2017 at 6:49 am

    sampai saat ini lum bisa percaya beliau telah meninggalkan kita..

    semoga tenang disisi Allah SWT, Om Cumi

    Reply
  • intanrawits March 20, 2017 at 9:48 pm

    Baru bbrp saat lalu sy tau berita duka ini smpai g percaya dan browsing beritanya berharap ini semua hoax dan mimpi saja, ya Allah mas cumi selamat jalan mas ke persinggahan terakhir mas. Q memang blm pernah kopdar tp beliau selalu BW dan meninggalkan jejak d blogq, hiksss sedih sekali kehilangan blogger yang humble dan baik hati seperti mas cumi, rest in peace ya mas. Allah sayang sama mas cumi

    Reply
  • WewW April 18, 2017 at 4:49 am

    Entah kenapa jadi sedih juga pas denger berita ini. Padahal cuma kenal beliau di tulisannya aja. T.T

    Reply
  • jakarta-bogor April 27, 2017 at 3:01 pm

    terkejut bacanya, baru beberapa hari nemu itu blog warna-warni yang “Aneh” tapi artikelnya informatif banget. Namun saya kaget saat muncul beberapa postingan bahwa penulis blog tersebut telah meninggal…

    Semoga amal baik dan dibadahnya diterima… dan di ampuni dosanya…

    Reply
  • Syuhada Ali May 11, 2017 at 6:02 am

    Terkejut banget baca artikelnya. Tadinya search di google cumilenay aja, kok yang page 1 malah berita beliau wafat. Sempat ngira itu hoax, ternyata beneran, ya.

    Reply
  • infoana June 7, 2017 at 3:26 am

    turut berduka..

    Reply

Leave a Comment