Asyiknya Belajar Membaca di biMBA AIUEO Lombok

biMBA AIUEO Lombok

Asyiknya Belajar Membaca di biMBA AIUEO Lombok. Hal apa yang paling dikhawatirkan oleh-oleh para orang tua se-Indonesia yang memiliki anak kecil belakangan ini? Yups! Jawabannya adalah membaca! Sudah pada tahu dong aturannya sekarang kalau mau masuk SD (Sekolah Dasar) para siswa harus bisa membaca, ya paling tidak sudah tahu bagaimana membaca kata-kata yang tergolong mudah. Membaca tingkat dasar istilahnya. Maka hebohlah para orang tua mencari cara agar anaknya bisa lolos seleksi masuk SD, mulai dari mengajarkan sendiri di rumah hingga mendaftarkan anaknya di tempat-tempat les khusus membaca. Itu pula yang saya perhatikan di Lombok, makin dekat ke jadwal seleksi siswa baru makin deg-degan pula orang tuanya. Mikirin anaknya bisa lolos atau gak di sekolah yang sudah diidam-idamkan. Padahal urusan membaca gini sebenarnya gampang kok, kalau sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Apalagi nih di Lombok telah dibuka yang namanya biMBA AIUEO! Nah lho, pada penasaran kan?

Berkenalan dengan biMBA AIUEO

biMBA AIUEO Lombok

Pada penasaran dong sama yang namanya biMBA AIUEO? Saya jelaskan sedikit yaa. Jadi biMBA AIUEO adalah program Minat Baca dan minat belajar Anak yang berfokus pada proses, bukan pada hasil. Metode ini telah terbukti lebih berhasil meningkatkan kemampuan baca dan belajar anak daripada metode yang menekankan pada hasil. biMBA AIUEO dibuat dengan tujuan meningkatkan minat baca dan belajar anak secara intrinsik. Dimana anak akan mau melakukan kegiatan baca dan belajar karena keinginannya sendiri bukan karena paksaan, sehingga setiap anak merasa bahagia dan tidak terbebani, yang tentu saja akan berdampak pada meningkatnya kemampuan anak.

biMBA AIUEO sendiri telah memiliki ribuan cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan biMBA AIUEO Lombok menjadi cabang ke 2096 yang dibuka. Beralamatkan di BTN Graha Royal Jalan Madrid Raya No.29 Gunung Sari, Lombok Barat, biMBA AIUEO Lombok ini mulai beroperasi sejak November 2016.

Metode Belajar di biMBA AIUEO Lombok

biMBA AIUEO Lombok

Fun Learning

Seperti halnya seluruh cabang biMBA AIUEO, biMBA AIUEO Lombok pun menerapkan metode fun learning. Yaitu metode belajar yang 100% menyenangkan bagi anak. Dimana para guru dan siswa diwajibkan menerapkan 5S (sambut, senyum, sapa, salam, sebut nama ) selama berada di lingkungan biMBA AIUEO Lombok. Sebagaimana tujuan biMBA AIUEO yaitu menumbuhkan minat baca dan minat belajar anak, oleh karena itu suasana pembelajaran pun harus dilakukan semenyenangkan mungkin. Agar anak tidak kehilangan dunia bermainnya.

Small Step System

Apa sih small step system itu? Small Step System merupakan proses belajar yang dilakukan secara bertahap, dimana anak akan belajar dari yang mudah dahulu. Sebab untuk membuat anak senang dan suka belajar, pemberian materi  harus dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan anak. Hal ini bertujuan untuk memudahkan anak dalam memahami materi belajar, sehingga tidak membuat anak merasa terbebani dan stres nantinya.

Individual System

Small Step System hanya dapat dilakukan secara individual. Adapun yang dimaksud dengan individual system yaitu proses belajar yang berpusat pada anak, dimana anak di sini merupakan subjek belajar. Anak sebagai subjek belajar berarti kebutuhan dan hak anak harus benar-benar diperhatikan. Tentunya semua materi belajar akan diberikan dalam suasana yang menyenangkan, yaitu dengan bermain. Inti dari individual system ini adalah pada saat yang sama, setiap anak akan mendapatkan materi yang berbeda sesuai kemampuan dan kemauannya.

Variaton Skill

Variation skill adalah kemampuan guru di biMBA AIUEO dalam memvariasikan kegiatan belajar di dalam kelas. Dimana kegiatan di kelas harus memenuhi 3 aspek yaitu: kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kegiatan belajar harus dibuat bervariasi karena kecenderungan anak-anak adalah cepat bosan dan jenuh. Mereka tidak bisa dipaksa untuk berkonsentrasi dan duduk manis dalam waktu yang lama.

Keunggulan biMBA AIUEO Lombok

Program Belajar yang Bertahap

Pada biMBA AIUEO Lombok, program belajar dilakukan secara bertahap yang terdiri dari 4 tingkatan atau level. Program tersebut dijalankan dengan menggunakan modul-modul khusus biMBA AIUEO dan sistem pengajaran berdasarkan kecerdasan majemuk. 4 level tersebut yaitu:

  • Tahap 1, anak-anak akan dibacakan sebuah cerita. Diberikan permainan kata yang sederhana. Mulai diajarkan mengenal huruf a sampai z. Mulai menyebut angka 1 hingga 10.
  • Tahap 2, anak-anak mulai belajar membaca kalimat sederhana dan mengerti sebuah cerita. Belajar penjumlahan 1+1 hingga 10+10.
  • Tahap 3, anak-anak sudah mampu menulis kata-kata sederhana melalui dikte yang diberikan serta mulai belajar pengurangan bilangan.
  • Tahap 4, anak-anak mampu menulis kalimat sederhana sampai membuat karangan pendek. Belajar memahami logika matematika yaitu dengan menggunakan angka-angka anak diperkuat kemampuan analisa dan sintesanya.

Sistem Kelas Kecil

Saya bingung menyebutnya apa, yang jelas sistem di biMBA AIUEO Lombok itu hanya memperkenankan seorang guru mengajari 4-5 orang anak saja. Sebut saja sistem kelas kecil. Karena jumlah anak yang diajari memang tidak banyak. Dengan demikian anak-anak akan lebih mudah untuk fokus pada materi yang diberikan.

Waktu Efektif Belajar Hanya 1 Jam Setiap Pertemuan

Ya, anda tidak salah baca. Anak-anak di biMBA AIUEO Lombok hanya belajar selama 1 jam saja setiap pertemuannya. Uniknya, biMBA AIUEO Lombok memberikan jaminan bahwa anak usia 3 tahun akan bisa mengenal dan membaca kata-kata sederhana hanya dalam waktu 72jam! Gak percaya? Silakan dicoba 🙂

Coba Gratis Sampai Yakin

Wahahahah. Istilah apa lagi ini? Iya, bagi kalian yang penasaran sama program biMBA AIUEO Lombok jangan khawatir. Kalian bisa menjawab rasa penasaran itu dengan mengikuti program Coba Gratis Sampai Yakin. Yakin gak mau punya anak yang punya minat baca tinggi? Yakin gak mau persiapkan urusan belajar membaca mereka lebih dini?

Sertifikat biMBA AIUEO Bisa Digunakan Untuk Mendaftar Sekolah Dasar

Jadi sebenarnya biMBA AIUEO Lombok ini apa sih? Playgroup, TK, tempat kursus atau apa? Ya, seperti yang sudah dijelaskan di awal, biMBA AIUEO Lombok adalah sebuah program bimbingan Minat Baca dan belajar Anak. Mau ikut program biMBA AIUEO saja bisa, mau masuk playgroup atau TK sambil diselingi biMBA AIUEO pun bisa. Karena belajar di biMBA AIUEO Lombok tidak butuh waktu yang lama. Lalu bagaimana dengan ijazah? Tenang saja, karena usai menyelesaikan program di biMBA AIUEO Lombok para siswa akan mendapat sertifikat tanda kelulusannya yang juga dapat digunakan untuk mendaftar ke jenjang berikutnya, yaitu Sekolah Dasar.

Bagaimana? Asyik kan belajar membaca di biMBA AIUEO Lombok? Kalau masih penasaran, teman-teman bisa berkunjung dan bertanya lebih lanjut ke sana 🙂

biMBA AIUEO Lombok
BTN Graha Royal Jalan Madrid Raya No.29 Gunung Sari, Lombok Barat, NTB
Telepon: 0812-8070-7887

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

10 Comments

  • Arina Mabruroh March 6, 2017 at 6:19 am

    Ya Allah.. Masa aku baru tahu kalo Bimba AIUEO itu tersebar di seluruh Indonesia, aku pikir cuma di Semarang aja ??

    Jd pengen nyoba nih, deket rumah ada soalnya ?

    Reply
    • andyhardiyanti March 6, 2017 at 6:32 am

      Bwahahahah…sama Mbak. Saya malah baru tahu kalau ada juga di Lombok 🙂

      Reply
  • ruli retno March 6, 2017 at 6:41 am

    Saya suka bgt kalo guru mengajar di kelas kecil
    Sbg ortu sy tenang karena tau anak sy akan di awasi maksimal

    Reply
    • andyhardiyanti March 6, 2017 at 6:43 am

      Iya mbak. Durasinya juga singkat ini. Jadi bikin anak-anak gak gampang bosan 🙂

      Reply
  • Zata March 6, 2017 at 6:43 am

    Wah keren banget bimba AIUEO Lombok ini ya mba Andy, pilihan tepat bgt buat anak-anak…

    Reply
    • andyhardiyanti March 6, 2017 at 6:47 am

      Bener banget mbak. Di kota tempat tinggalnya Mbak Zata udah ada juga belum? Eh Mbak Zata tinggal di mana yakk? Hehehehe

      Reply
  • Sandra Nova March 6, 2017 at 7:12 am

    Iiih aku sering liat nih Bimba AIUEO deket rumah kakak di Jati Asih jg ada 😀 Enak banget ya bisa coba gratis sampe yakin, jadi orang tua juga ngga rugi gitu 😀

    Reply
  • Aira Kimberly March 6, 2017 at 7:35 am

    Bimba AIUEO ini khusus untuk anak usia pra sekolah saja ya, Mbak?

    Reply
  • monda March 7, 2017 at 6:58 am

    anak2 yang sering datang ke puskes juga banyak yang les Bimba
    ngetop lho di sekitarku

    Reply
  • Mugniar March 10, 2017 at 10:03 am

    Kerennya ada yang seperti ini di Lombok.

    Reply

Leave a Comment