The Journey of Senggigi, Acara Tahun Baru ala Kila Senggigi Beach Lombok

The Journey of Senggigi, Acara Tahun Baru ala Kila Senggigi Beach Lombok. Tanggal 31 Desember 2016 kemarin teman-teman pada ke mana? Biasanya nih kebanyakan dari kita bakal menyambut malam pergantian tahun dengan berbagai acara. Mulai dari sekadar bakar-bakar ikan di halaman rumah, sampai dengan makan malam di luar bersama keluarga. Pada tahun-tahun sebelumnya sih saya ya di rumah aja, kalau gak nonton tv ya tidur. Meskipun banyak ajakan untuk menghadiri acara tahun baruan di luar, kadang lebih sering saya lewatkan mengingat konsep acaranya yang kurang sreg di hati #eaaa. Sampai akhirnya kemarin dapat undangan gala dinner dari Kila Senggigi Beach Lombok, dimana acara ini bertajuk The Journey of Senggigi. Acara Tahun Baru dengan konsep yang berbeda. Penasaran, seperti apa?

Tahun Baru dan Unjuk Kesenian Khas Lombok

The Journey of Senggigi bisa saya katakan sebagai acara tahun baru yang ramah keluarga. Setidaknya, acara ini menjadi bukti bahwa merayakan pergantian tahun baru tidak melulu harus diisi dengan musik ajib-ajib ataupun sepsihh densyerr. Menurut saya sih gitu. Ya, bisa dilihat dari rangkaian acara The Journey of Senggigi dimana sebagian besar diisi oleh acara kesenian Lombok. Ada penampilan Gendang Beleq, Peresean dan Tari Gandrung. Selain itu, ada pula Fire Dance dan Live Music. Gimana? Asyik kan?

Saya pernah stay selama 2 malam di Kila Senggigi Beach Lombok dan dari obrolan dengan staf Kila pun saya tahu persis para tamu di sini kebanyakan adalah para turis mancanegara yang konon lebih tertarik dengan seni budaya dibanding acara yang bertipikal pesta pora. Jadi ya konsep acara seperti The Journey of Senggigi ini memang cocok dengan tamu-tamu mereka. Oh ya, terus bagaimana acaranya?

Sapuq dan Kain Songket untuk Para Tamu

Sejak sore hari, sebelum acara The Journey of Senggigi dimulai, para rombongan Gendang Beleq sudah mengelilingi area Pool Villa Club dan Kila Senggigi Beach Hotel dimana mereka kemudian finish di lokasi acara, yaitu di area Basilico Restaurant. Bersamaan dengan itu pula para tamu sudah boleh memasuki lokasi acara. Saat registrasi di pintu masuk, para tamu akan menyerahkan kupon gala dinnernya kepada petugas. Setiap tamu yang hadir akan diberikan sapuq yaitu ikat kepala khas Lombok (untuk tamu pria) dan kain songket (untuk tamu wanita).

Di lokasi acara sudah tersedia sebuah panggung utama, arena photo booth, frame foto instagram dan facebook untuk eksis ala ala, gerobak-gerobak berbagai jenis makan serta round table untuk para tamu. Acara dimulai tepat pada pukul 20.00 WITA. Dengan dipandu oleh dua MC kondang, yaitu Mudji Idrus dan Sinta.

Sajian Menu Makanan yang Beraneka Ragam

Bicara soal sajian menu. Duh gak diragukan lagi! Sejumlah gerobak berada di setiap sisi area acara. Ada ayam taliwang, seafood, gorengan, es campur, kambing guling dan masih banyak lagi. Kemudian di dalam Basilico Restaurant sendiri tersedia pula berbagai menu seperti jajanan khas Lombok, makanan Jepang (sushi, sashimi, dll), pizza, pasta, nasi campur dan lain lain. Saya sampai gak hafal ada apa saja. Semua ditata sedemikian rupa sehingga indah dipandang dan bikin gak tega untuk memakannya. Hahahaha.

Lucunya nih. Yang orang lokal antriannya ramai di menu-menu luar. Sedangkan para turis mancanegara pada rame icip-icip menu lokal. Hihihihi. Saya juga gitu. Lihat deh jajanan Lombok di atas itu, cantik ya paduan warnanya. Kalau gak cantik itu kesalahan saya yang gak profesional motoinnya. Iya, itu jajanan yang sering kita lihat di pasar. Di Kila Senggigi Beach Lombok, kue-kue tersebut jadi salah menu gala dinner untuk acara The Journey of Senggigi.

Tarian Gandrung, Peresean dan Fire Dance Membuat Suasana Makin Seru

Setelah beberapa lagu dibawakan saat live music, acara selanjutnya pun diisi oleh penampilan Tari Gandrung. Itu lho yang pas nari mbak-mbaknya bakal kasih kipas ke penonton, terus penonton yang kebagian kipas wajib ke panggung untuk ikutan menari bersama mereka. Bagian ini seru banget, karena para tamu jadi ikut berinteraksi. Apalagi tamu acara The Journey of Senggigi ini emang berasal dari berbagai daerah. Mulai dari yang emang tinggal di Lombok, di luar Lombok tapi masih di Indonesia sampai dengan yang dari luar Indonesia alias turis mancanegara.

Acara lain yang juga melibatkan para tamu selain Tari Gandrung yaitu Peresean. Itu lho, kesenian dari Lombok yang nyerang-nyerang pakai stik rotan sama apa itu namanya? Bwahahah..gak tau. Googling gih! #ditoyorpembaca. Ya pokoknya para tamu juga dipersilakan untuk mencoba gimana sih serunya main peresean. Pada foto di atas ada 2 orang tamu, yang satu berasal dari China, satunya lagi dari Jepang, sedang bersiap melakukan peresean. Untuk sesi peresean ini gak asal tunjuk loh ya. Hihihi. Siapa yang mau dan bersedia aja. Soalnya pas ditunjuk banyak yang gak mau. Ya kali…takut euy~

Coba deh lihat itu ekspresinya foto di atas. Pada tegang semua lihat atraksi peresean. Kecuali si baju hitam yang narsisnya gak ketulungan wkwkwkwk. Malah sadar kamera dia 😀 Oh iya, ada atraksi Fire Dance juga tuh. Jadi ada dua orang penari pria yang menari sambil muter-muterin bola api. Tapi gak sempat saya foto euy, sempatnya videoin doang~

Live Music dan Doorprize yang Banyak Banget

Live music di acara kemarin diisi oleh satu band yang saya lupa namanya. Suaranya bagus, pakaiannya bagus. Bwahahaha #apaansih. Lagu-lagunya juga easy listening. Kecuali lagu oplosan di akhir acara, eh tapi gak papa. Pas saya udah mau pulang juga. So far ya emang seru sih acara kemarin. Terus itu doorprizenya ya ampun…banyak banget dan saya gak kebagian satu pun! HIKS! Ada voucher menginap di Kila Senggigi Beach Lombok, tiket PP liburan ke Bandung, voucher liburan di Bandung, seabreg lah pokoknya! Tapi ya itu, saya gak kebagian 🙁 Kan sedih… #superkode.

Di akhir acara, sekitaran pukul 23.59 WITA sudah pasti ada acara kembang api a.k.a Fireworks. Ramai banget, selain kembang api dari Kila sendiri, juga karena sekitaran Senggigi emang udah ramai. Tapi karena foto kembang api udah biasa yaa..jadi untuk menutup postingan ini saya kasih foto area Kila Senggigi Beach Lombok. Hihihi. Bagaimana dengan teman-teman? Pada tahun baruan di mana nih?

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

33 Comments

  • Dimas Suyatno January 3, 2017 at 10:54 am

    asyik acaranya. pingin juga sekali2 icip2 menu lokal situ

    Reply
  • Sie-Thi nurjanah January 3, 2017 at 10:58 am

    Wah..moment pergantian tahun yg mengesankan pastinya, kaya akan budaya lokal

    Reply
  • Fanny f nila January 3, 2017 at 11:09 am

    Ihhh kalo acara thn baru begini aku jg pasti seneng mbaaa :). Aku g prnh ngerasain thn baru di luar kota krn mikirnya peak season gitu udh pasti mahal dan ruamee.. Tp jd pgn sesekali ngerasain jg.. Di jkt mah sejak nikah aku udh males dtg k acara2 gini apalagi acaranya g seru.. Palingan cm kembang api ama pesta ga jelas kan.. Beda kalo acaranya di konsep daerah kyk lombok ini

    Reply
  • Sri Mulyani January 3, 2017 at 11:12 am

    Seru ya….
    Saya di rumah sajjaahhh… ?

    Reply
  • Dee - @HEYDEERAHMA January 3, 2017 at 11:54 am

    Ah, kangen makan malam di pinggir pantai Basilico Restaurant~

    Reply
    • andyhardiyanti January 7, 2017 at 4:06 pm

      Hayukkk ke sini lagi mbak Dee. Kemarin pas teman-teman datang malah sayanya yang belum pernah main ke Kila. Hehehehe

      Reply
  • Riska Ngilan Haryono January 3, 2017 at 11:56 am

    Wah, acaranya keren banget mbak apalagi diadakan di pinggir pantai gitu. 🙂

    Reply
    • andyhardiyanti January 7, 2017 at 4:05 pm

      Iya mbak. Asyik banget. Ini pas di lokasi Pantai Senggigi.

      Reply
  • Kurnia amelia January 3, 2017 at 12:13 pm

    Cita-cita saya pengen banget ke Lombok duhh liat ini jadi makin pengen kesana huhu.

    Reply
    • andyhardiyanti January 7, 2017 at 4:03 pm

      Amiiin..semoga segera terwujud ya mbak. Terus nanti kita kopdaran 😉

      Reply
  • Wian January 3, 2017 at 12:48 pm

    Keren nih. Sekalian melestarikan budaya indonesia. Lagian, bule2 itu sih udah pada bosen kali ya acara thn baru yang gedabag gedebug gonjrang gonjreng.

    Reply
    • andyhardiyanti January 7, 2017 at 4:02 pm

      Betul mbak. Saya juga kalau acaranya ajibb ajibb ya jelas bakal skip lah..huhuhuhu

      Reply
  • fika January 3, 2017 at 3:07 pm

    mba keren banget sih bisa diundang jadi mupeng banget kepengen ke Lombok 😀

    Reply
    • andyhardiyanti January 7, 2017 at 4:02 pm

      Alhamdulillah mbak. Belum sempat dapat undangan ke luar Lombok, jadi bersyukur sama undangan-undangan di Lombok dulu #eaaa.. Hayuk mbak sini…main ke Lombok.

      Reply
  • qhachan January 4, 2017 at 2:52 am

    pengen banget ke senggigi. tp mas suami ngga suka pantai. hih, sebel. dari dulu udah ngajuin ngga di acc-acc 🙁

    Reply
    • andyhardiyanti January 7, 2017 at 4:00 pm

      Hehehehe. Sabar. Semoga besok-besok ada kesempatan main ke Pantai Senggigi. Amiiin..

      Reply
  • Halal Tour Indonesia January 4, 2017 at 8:10 am

    hi sukaa banget reviewnya

    Reply
    • andyhardiyanti January 7, 2017 at 2:52 pm

      Hiii…makasih ya. Saya panggil siapa nih? Halal, Tour, apa Indonesia?

      Reply
  • Nizampedia January 5, 2017 at 1:31 am

    jangan lupa untuk tetap hemat saat liburan hehee

    Reply
    • andyhardiyanti January 7, 2017 at 2:42 pm

      Nggggg…artikelnya dibaca sampai habis gak masnya? -_-“

      Reply
  • cumilebay January 5, 2017 at 6:24 am

    Jadi kangen pengen manggung disana lagi hahahaha

    Reply
    • andyhardiyanti January 7, 2017 at 2:40 pm

      Kalau pas ke Lombok mesti berkabar nih Mascum. Biar dijadwalkan liburan plus manggung di Kila. Hahahahha. Blogger femes gitu lho~

      Reply
  • Mugniar January 5, 2017 at 8:47 am

    Kreatif ya.

    Saya tahun baruannya di kamar saja, sembari ngetik postingan yag sudah deal tayang tanggal 1 wkwkwk.

    Eh, BTW, ternyata toh berantas broken link bikin naik DA 🙂

    Reply
    • andyhardiyanti January 7, 2017 at 2:38 pm

      Eh masa? Nanti saya beberes broken link juga kalau gitu.
      Biasanya juga ya di rumah tahun baruannya. Tumben aja ini keluar. Untung acaranya keren. Hahahahaha

      Reply
  • Mugniar January 5, 2017 at 8:48 am

    Aduh maaf, saya takkala klik, ternyata URL postingan yang tadi, hiks

    Reply
  • bidara January 5, 2017 at 2:04 pm

    itu koloni kuenya namanya apa kak, kok di anggurin gitu yak, hehe

    Reply
    • andyhardiyanti January 7, 2017 at 2:31 pm

      Macam-macam, dek. Ada serabi dan kue tradisional lainnya yang bahkan saya gak tahu namanya. Gak dianggurin itu, emang baru kelar ditata aja. Jadi belum ada yang samperin. Hehehe

      Reply
  • berbagifun.com January 6, 2017 at 8:32 am

    wah seru banget acaranya,

    heuheuheu

    Reply
    • andyhardiyanti January 7, 2017 at 2:30 pm

      Heuheuheu. Iya, seru beud. Irwan sihh…telat datang :p

      Reply
  • yati09 January 6, 2017 at 2:14 pm

    Bunda gak liat Andy di foto-foto itu, hehehe…Insya Allah kalau nanti ada rezeki bunda datang lagi di akhir tahun biar ikutan nonton segala acara yang unik.

    Reply
    • andyhardiyanti January 7, 2017 at 2:24 pm

      Saya gak begitu suka difoto,Bunda. Lebih senang fotoin orang aja hahahha.
      Amiiin. Semoga ada kesempatan ke Lombok lagi ya..nanti kita jalan bareng 🙂

      Reply
  • Happy New Year! January 12, 2017 at 9:55 am

    […] Dan yang sangat membanggakan, acara diliput oleh blogger Andy Hardiyanti dari andyhardiyanti.com […]

    Reply

Leave a Comment