Bersenang-senang di Pemandian Lokok Daya Pekatan

Pemandian Lokok Daya Pekatan

Bersenang-senang di Pemandian Lokok Daya Pekatan. Siapa sih yang tidak kenal Pulau Lombok? Pulau yang punya banyak koleksi pantai cantik. Mulai dari yang sudah dikenal namanya, sampai mungkin pantai yang belum diberi nama sama sekali. Kalau sudah melihat birunya air laut dan putihnya pasir pantai, kalian tentu langsung tidak sabar untuk menyentuhnya, atau bahkan renang sekalian! Eh tapi kan tidak semua orang bisa langsung nyebur di air laut seperti itu. Ada yang mungkin alergi air laut, takut ombak, atau khawatir mandi-mandi di pantai bakal bikin kulit kalian belang, ya ampun yang terakhir apa banget ya.. Maka mandi-mandi di pemandian seperti yang bakal saya ceritakan ini mungkin bisa menjadi solusinya. Terus pantai apa kabarnya? Ya sudah, jadi bahan foto-fotoan saja. Hahahahah. Mandi-mandinya pindah ke air tawar. Gimana?

Lokasi Pemandian Lokok Daya Pekatan

Pemandian Lokok Daya Pekatan

Pemandian Lokok Daya Pekatan ini terletak di kabupaten Lombok Utara, sekitar 59km dari kota Mataram. Dari Tanjung (ibukota Kabupaten Lombok Utara), kalian cuma perlu mengikuti jalan poros yang ada. Udah ikutin aja deh, sampai ketemu pertigaan, yang mana kalian harus memilih jalan yang lurus #eaa untuk sampai ke Pekatan, karena kalau belok kiri itu jalan menuju Bayan. Bagusnya sih daripada bingung nih, cukup lihat gambar peta di atas aja. Atau buat kalian pecinta Google Maps, langsung googling dengan kata kunci “Warung Ujeq Pekatan”. Bakal ketemu deh tuh rute ke sana. Gaol kan nih warung?Β πŸ˜€

Tenang aja, jalan menuju Pemandian Lokok Daya Pekatan ini bisa ditempuh menggunakan motor maupun mobil. Kondisi jalanannya pun cukup baik. Sepanjang jalan kita bakal disuguhi pemandangan sawah, bukit-bukit, rumah-rumah kalau pas daerah pemukiman dan sungai begitu masuk daerah Pekatan.

Pemandian dengan Suasana yang Asri

Pemandian Lokok Daya Pekatan

Saya pribadi memang lebih senang mandi di tempat-tempat pemandian seperti ini, pertama karena kulit saya alergi dengan air laut (kapan-kapan saya ceritakan ya) dan kedua karena ya kali kami setiap saat harus renang hore di kolam renang, mahal cyin! Kecuali ada yang traktir ya #inisuperkode. Nah terus beberapa waktu yang lalu di timeline facebook kami beredar sejumlah foto tempat pemandian yang kelihatannya kok asyik banget. Ada batu-batu besar gitu ditambah view pepohonan yang asri dan bukit-bukit di sekelilingnya. Akhirnya beres cari-cari info, maka tibalah kami di tempat ini: Pemandian Lokok Daya Pekatan.

Mungkin ada yang bertanya-tanya, Lokok Daya Pekatan? Itu bahasa apa ya? Oke, jadi dalam bahasa Sasak, Lokok itu artinya sungai, Daya artinya Selatan dan Pekatan tidak berarti apa-apa. Gak ding, Pekatan itu nama kampung sekaligus nama sungai yang dijadikan tempat pemandian hore kami kali ini. Terus Warung Ujeq Pekatan yang ada di Google Maps yang sempat saya ceritakan di awal tadi merupakan satu-satunya warung yang ada di sana, tempat kalian bakal memesan mi instan, pelecing kangkung, segelas kopi atau yang lainnya saat sedang dingin-dinginnya menikmati air sungai dan pemandangan di Pekatan.

Ada Apa Saja di Pemandian Lokok Daya Pekatan?

Pemandian Lokok Daya Pekatan

Kerennya nih, Pemandian Lokok Daya Pekatan dikelola secara swadaya oleh para pemuda setempat, yang sadar akan potensi desa pekatan sebagai destinasi wisata. Dimana mereka menata taman-taman, membuat selfie spot, membuat wahana permainan air, ayunan, dan lainnya. Lalu melakukan promosi secara massif di media sosial. Wuih..semoga kesadaran para pemuda yang seperti ini bisa tertular ke desa-desa lainnya di Pulau Lombok. Yups, kalau bukan kita yang sadar mengelola desa sendiri, terus siapa? Ya kali gitu harus saya yang ke desa tempat teman-teman dulu πŸ™ Eh bisa juga sih, kalau ada yang berminat ngundang. Ihik.

Lanjut yaa, seperti yang sudah disebutkan tadi, di Pekatan ini ada sejumlah hal yang bisa kita lakukan. Paling utama sih mandi, ya namanya juga tempat pemandian! Selain itu kita bisa santai-santai di perahu karet, atau pakai ban, main-main di ayunan yang tersedia, atau mungkin sekadar menikmati segarnya udara di sana. Oh iya, sampai saya datang kemarin di sini belum diberlakukan tiket masuk loh, buruan gih ke Pekatan. Teman-teman cukup membayar uang parkir sebesar Rp2.000,- (untuk motor) dan Rp5.000,- (untuk mobil). Kalau mau pakai ban, biaya sewanya sebesar Rp5.000,- dan Rp15.000,- untuk perahu karet.

Pemandian Lokok Daya Pekatan

in frame: tuan suami πŸ˜€

Sayangnya nih, saat pertama kali ke sana, belum tersedia pelampung bagi yang menggunakan perahu karet. Itu aja sih kurangnya. Yups, safety first! Jadi semoga besok besok pas ke Pemandian Lokok Daya Pekatan, sudah disediakan pelampung bagi yang akan menggunakan perahu karet ya πŸ™‚ #kodebuatpengelolaPekatan. Kalau urusan kebersihan dan fasilitas pendukung lainnya sih udah sip menurut saya.

Jadi, dong ayok ke Pekatan!

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

23 Comments

  • Amir January 31, 2017 at 12:34 am

    Ayooook hunting kesana….
    Rame rame yuk

    Reply
  • cekas January 31, 2017 at 12:38 am

    mantap…

    Reply
  • iqbal January 31, 2017 at 12:52 am

    Asseekkk

    Reply
  • Endri January 31, 2017 at 4:56 am

    Ayoooo dong kita Mandi ke Pekatan

    Reply
  • Imron Fhatoni January 31, 2017 at 5:07 am

    Kapan-kapan arum jeram disana kayaknya asik nih

    Reply
  • Utieadnu January 31, 2017 at 1:46 pm

    Kalau kyk gitu suka takut dtg air bahkan gk sih y mba,,,, suka trauma liatnya ,, klo buat foto mauu

    Reply
  • Khairiah January 31, 2017 at 3:17 pm

    Kenapa air laut? Penasaran, btw selalu suka dengan pemandangan seperti ini

    Reply
  • Mildaini January 31, 2017 at 3:26 pm

    Aku suka banget alam desa begini, aku nyaman

    Reply
  • Keke Naima January 31, 2017 at 4:02 pm

    Saya suka main air seperti ini. TApi kalau airnya dingin banget paling saya beraninya cuma duduk di batu. Kakinya aja yang berendam πŸ˜€

    Reply
  • Okti January 31, 2017 at 11:39 pm

    Aih lokasinya masih alami ya…
    Ini kalau mandi harus berpakaian lengkap ya ada tempat mandi tertutupnya makin cetar nih…

    Sayang lokasi jauh πŸ™

    Reply
  • Danar February 1, 2017 at 12:35 am

    di aceh pun ada yang hampir sama kayak pemandian lokok daya pekatan

    Reply
  • April Hamsa February 1, 2017 at 5:38 am

    Wah segernya. Arusnya gak deres ya mbak? Anak2 berani gtu naik perahu? TFS

    Reply
  • Gara February 1, 2017 at 8:05 am

    Wah bagus pemandiannya. Daerah Dayan Gunung ini memang terkenal sumber air bersih ya Mbak. Banyak air terjun dan sumber mata air alami karena ada Danau Segara Anak. Pasti airnya dingin banget. Dulu pas kecil saya pernah ke Pemandian Lemor di Lombok Timur, airnya dingin sekali, hehe. Cuma saya kira ini kolam-kolam begitu, ternyata lebih ke aliran sungainya ya. Jadi mesti hati-hati kalau ke sana di musim hujan, takut airnya meluap.

    Reply
  • Tetty Hermawati February 1, 2017 at 8:40 am

    Aku belum pernah ke lombok huhu, btw murah meriah tapi tempatnya enaakk buat jalan-jalan menghempas lelah

    Reply
  • Rusydina Tamimi February 1, 2017 at 12:33 pm

    lumayan murah utk tiket masuknyaa πŸ˜€

    Reply
  • sepatu kulit magetan February 2, 2017 at 1:28 am

    Huu seger banget yaa

    Reply
  • Babang Travengler February 2, 2017 at 8:48 am

    catat dulu yang ini, insha allah maret Babang mau ke Lombok

    Reply
  • handiko February 3, 2017 at 8:02 am

    Seruuuu!
    Ajak aku mbak kalo aku traveling kesana yak hehe

    Reply
  • Rach Alida Bahaweres February 4, 2017 at 1:02 am

    Lihat airnya bersih dan bening banget mba Andy πŸ™‚

    Reply
  • monda February 4, 2017 at 10:39 am

    mama Rany, serem2 gimana gitu masuk ke lokol, airnya deras nggak?
    takut tapi seneng duduk di batu gede main air

    Reply
  • evrinasp February 4, 2017 at 11:36 pm

    sepintas suasananya sepeti di Bogor, sungai dengan bebatuan

    Reply
  • Yayak March 2, 2017 at 3:17 pm

    Kerren ya, tempatnya mirip-mirip di jawa. Pas banget buat berahir pekan tuh.

    Reply
  • AbdulMc May 10, 2017 at 12:53 am

    Wah selain dipakai tempat pemandian, sungai itu kayanya cocok nih buat dijadikan spot spot foto yang bagus

    Reply

Leave a Comment