Sejarah Penggunaan Bendera Merah Putih di Berbagai Kerajaan Nasional

bendera

sumber gambar: buahhatiku.com

Di jaman kerajaan nasional terdahulu, penggunaan bendera merah putih sebagai lambang perjuangan telah banyak dilakukan. Kerajaan mana yang menjadi pelopor masih simpang siur. Beberapa kerajaan Nasional tercatat sejarah sudah menggunakan dua warna ini sebagai penyemangat saat peperangan maupun sebagai warna yang dimuliakan saat perayaan atau pemujaan. Berikut ini adalah beberapa kerajaan yang sudah menggunakan bendera berwarna merah dan putih dalam masa pemerintahannya:

Tentara Jayakatwang dari Kerajaan Kediri

Beberapa ahli sejarah ada yang mencatat penggunaan dua warna ini dipelopori oleh tentara Jayakatwang pada tahun 1922 ketika berperang melawan Kertanegara dari kerajaan Singosari (1222 – 1292). Hal ini juga dituliskan di kitab Jawa Kuno dengan menggunakan hitungan tahun Caka yaitu tahun 1216 Caka atau 1254 Masehi tentang perang Jayakatwang dengan R. Wijaya.

Kerajaan Majapahit

Selain itu Mpu Prapanca juga menuliskan perihal warna merah putih di dalam buku karangannya Negara Kertagama. Merah putih digunakan dalam upacara hari kebesaran raja di waktu pemerintahan Hayam Wuruk. Pada masa kerajaan Majapahit warna merah putih juga sudah dijadikan warna yang dimuliakan.

Kerajaan Melayu Minangkabau

Pada kitab tembo alam Minangkabau tahun 1840 terdapat bendera kerajaan Melayu Minangkabau pada abad 14 dengan warna merah putih hitam. Pada saat itu raja yang memerintah adalah Maharaja Adityawarman tahun 1340 – 1347. Arti ketiga warna yang digunakan adalah:

  • Merah : warna hulubalang yang menjalankan pemerintahan
  • Putih : warna agama
  • Hitam : warna penghulu adat

Kerajaan Batak

Di tanah Batak dengan raja Sisingamaharaja IX sudah memakai warna merah putih sebagai benderanya.

Kerajaan Siau

Sebuah kerajaan kecil di pulau Siau, saat ini berada di kabupaten Sitaro Laut Sulawesi dekat dengan perbatasan Indonesia dan Filipina. Kerajaan Siau adalah kerajaan kecil yang tak banyak diceritakan oleh sejarah bangsa Indonesia, namun kerajaan ini sudah berdiri selama 4 abad sebelum kedatangan Belanda. Kerajaan Siau termasuk kerajaan yang gigih dan sulit ditaklukkan oleh Belanda, hal ini dikarenakan sebelum masuknya Belanda, kerajaan ini sudah mengadakan perjanjian dengan Spanyol yang menduduki Filipina untuk bekerjasama dalam bidang pertahanan dan perlindungan, hal ini disebabkan mereka menganut agama yang sama yaitu Katolik.

Penggunaan bendera merah putih sebagai lambang kerajaan Siau sebetulnya sudah dilakukan sejak lama, namun pada pemerintahan raja ke-14 yaitu raja Jacob Ponto secara jelas menolak pengibaran bendera Belanda dan hanya mau mengibarkan merah putih saja. Beliau juga tidak mau mengganti agamanya ke agama Belanda yaitu Kristen. Sayangnya pada tahun 1889 Belanda menipu raja Jacob Ponto sehingga sang raja berhasil ditawan dan dibuang ke Cirebon hingga wafatnya dan dimakamkan di Kuningan, Cirebon. Sepeninggal raja Jacob yang termasyur karena membela merah putih, Ir. Soekarno mendirikan cabang Partai Nasional Indonesia pertama di luar pulau Jawa yaitu di Pulau Siau.

Kerajaan Bugis Bone

Kerajaan Sulawesi ini sudah menggunakan kedua warna merah putih sebagai bendera kebesaran dengan nama Woromporang.

Dengan banyaknya kerajaan nasional yang sudah menggunakan bendera merah putih sebagai lambang kebesaran dan semangat perjuangan para prajurit nasional, tak aneh lagi kini bangsa Indonesia menggunakan warna bendera yang sama sebagai lambang negara. Merah dengan arti berani yang merujuk pada keberanian para pejuang dan putih dengan arti suci karena membela kebenaran, merah putih adalah dua warna yang tak terpisahkan bagi semua bangsa Indonesia.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

5 Comments

  • Kado Kali December 2, 2016 at 7:00 am

    Ternyata bendera merah putih itu sudah ada sejak zaman dahulu yak..

    Reply
  • rudi December 3, 2016 at 5:03 am

    Terima kasih mbak Andy, ilmu saya namba

    Reply
  • bacacerpen December 3, 2016 at 5:14 am

    Wah … berarti bendera merah putih telah digunakan sejak dahulu kala. Bisa nih dimasukkan pas nanti pelajaran sejarah. Biar rasa kebangsaan murid saya semakin kuat 😀

    Reply
  • Ai December 3, 2016 at 5:38 am

    Kalau di pikir, merah-putih warna yang sudah ada sejak manusia di ciptakan.
    Merah adalah warna darah, putih adalah warna tulang.

    Reply
  • Inklocita December 3, 2016 at 2:47 pm

    wah kirain emang krn merah itu berani putih itu suci aja, ternyata merah putih tuh dr kerajaan2 nusantara ya

    -M.

    Reply

Leave a Comment