Mutiara Laut Selatan, Sebuah Kekayaan Indonesia yang Terlupakan

mutiara_04

Mutiara Laut Selatan, Sebuah Kekayaan Indonesia yang Terlupakan. Indonesia adalah negara yang kaya, terutama akan hasil alamnya. Siapapun mengakui itu. Kecuali kita, yang terkadang melupakan apa-apa yang kita punya. Dan mutiara laut selatan mungkin salah satunya, salah satu dari sekian banyak harta kekayaan yang kita lupakan. Tidak dapat dipungkiri, sebagai seorang yang sudah tinggal lama di Pulau Lombok, sebuah pulau di Indonesia yang mendominasi populasi mutiara laut selatan, saya merasa belum memberikan kontribusi yang banyak. Kontribusi dalam menumbuhkan rasa pemilikan dan kecintaan yang kuat dari dalam negeri sendiri terhadap Indonesian South Sea Pearl (ISSP), sehingga kekayaan mutiara laut selatan yang kita miliki tersebut tidak mendapatkan label dari negara lain. Oleh sebab itu, tulisan ini kemudian dibuat dengan harapan kita bisa bersama-sama mengenal, mengetahui, serta mengembangkan potensi dari mutiara laut selatan Indonesia. Ya, jangan sampai kita jauh-jauh ke luar negeri untuk membeli produk hasil negeri sendiri dengan label negeri orang lain.

Mengenal Mutiara Laut Selatan

mutiara_06

Mutiara Laut Selatan merupakan satu dari empat jenis mutiara yang saat ini menguasai pasar dunia. Tiga jenis mutiara lainnya yaitu mutiara hitam/mutiara tahiti, mutiara akoya dan mutiara air tawar China. Jika dibandingkan dengan ketiga jenis mutiara tersebut, mutiara laut selatan tentu jauh lebih unggul. Disebutkan bahwa mutiara laut selatan adalah jenis mutiara termegah, terindah, terbesar serta termahal dari berbagai jenis mutiara yang pernah ada. Tidak berlebihan jika mutiara laut selatan disebut-sebut sebagai sebuah puncak kesempurnaan mutiara di dunia, bahkan kilaunya mutiara laut selatan diibaratkan seperti legenda kecantikan Putri Laut Selatan yang kilaunya tak pernah pudar.

Mutiara Laut Selatan dihasilkan oleh spesies tiram mutiara bernama Pinctada Maxima, dimana dalam 1 tiram hanya dapat berisi 1 butir mutiara dan dibutuhkan waktu hingga bertahun-tahun untuk dapat memanen mutiara tersebut. Luar biasa bukan? Tidak heran jika kita harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk membeli sebutir mutiara laut selatan ini. Pada tiram mutiara Pinctada Maxima yang dimaksud, dapat dihasilkan butiran mutiara dengan tiga jenis varietas yang berbeda, yaitu: varietas silver, golden dan lipped pearl oyster.

Indonesia Sebagai Produsen Terbesar Mutiara Laut Selatan

mutiara_05

Bagaimana kita tidak patut berbangga? Jika Indonesia merupakan satu dari empat negara yang menjadi produsen mutiara jenis mutiara laut selatan. Bukan itu saja, Indonesia bahkan merupakan produsen yang terbesar diantara tiga negara tersebut. Pada peta sebaran usaha budidaya mutiara Indonesia di atas pun terlihat jelas bahwa ada banyak sekali perusahaan yang tersebar di sejumlah provinsi di Indonesia. Dimana berdasarkan sumber materi dari 6th Indonesian Pearl Festival, disebutkan bahwa khusus di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) saja, terdapat setidaknya 18 perusahaan yang melakukan budidaya mutiara laut selatan. Sementara sejumlah perusahaan lainnya tersebar di beberapa daerah, yaitu: Mentawai, Lampung, Bali, NTT, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku Utara, Maluku serta Papua Barat.

Meskipun sudah terdapat sejumlah perusahaan yang melakukan kegiatan budidaya mutiara di Indonesia, namun hal yang menyedihkan adalah karena hingga kini tetap saja terjadi mutiara laut selatan atau Indonesian South Sea Pearl (ISSP) yang saat dibawa keluar negeri seringkali diberikan label dan brand negara lain, sehingga asal muasal ISSP tersebut menjadi sulit terlacak lagi.

Beragam Cara untuk Cinta pada Indonesian South Sea Pearl

mutiara_08

Indonesian South Sea Pearl merupakan kekayaan Indonesia yang harus bisa bersama kita jaga dan manfaatkan sebaik mungkin. Bukan tidak mungkin, suatu saat nanti urusan mutiara ini bisa menjadi salah satu penyumbang devisa yang dapat diandalkan bagi Indonesia. Dan mereka yang di luar sana tidak bisa memungkiri, bahwa mutiara laut selatan sebagian besar adalah mutiara yang berasal dari Indonesia. Maka label dan brand negara manapun yang berusaha mengelabui asal usulnya tidak akan berarti apa-apa, karena besarnya peran serta kita serta pengetahuan yang dimiliki para pecinta perhiasan mutiara. Lalu apa saja hal-hal yang bisa dilakukan sebagai bukti wujud cinta kita akan keberlangsungan dan semakin dikenalnya Indonesian South Sea Pearl di mata dunia? Simak yuk beberapa poin berikut:

6th Indonesian Pearl Festival, Sebuah Ajang Promosi yang Total

logo

Bagaimanapun juga, suatu produk jika ingin dikenal oleh masyarakat luas maka perlu melakukan “promosi”. Akhirnya di tahun ke-6 penyelenggaraannya, saya baru tahu bahwa ada sebuah kegiatan yang begitu menarik bertajuk “6th Indonesian Pearl Festival 2016”. Ini saya ketahui saat memantau lini masa (timeline) twitter beberapa waktu yang lalu. Melalui event Indonesian Pearl Festival tersebut kita masyarakat awam bisa mengetahui lebih banyak tentang mutiara, khususnya mutiara laut selatan Indonesia atau Indonesian South Sea Pearl. Indonesian Pearl Festival tidak sekadar menjadi ajang promosi melalui disediakannya sejumlah booth pameran, tetapi juga mengajak para generasi muda maupun para pegiat hobi tertentu untuk menyalurkan bakatnya pada berbagai kegiatan lomba yang diselenggarakan. Baik itu di lomba menulis blog tentang “bagaimana menguak tabir mutiara laut selatan”, tentang membuat rancangan desain perhiasan mutiara atau mungkin bagi para pecinta fotografi bisa pula ikut serta menangkap berbagai gambar terkait proses dibalik lahirnya sebutir mutiara. Ya, bisa saya katakan Indonesian Pearl Festival ini merupakan ajang promosi yang total!

Giat Memasarkan Produk Milik Negeri Sendiri

hanna-songket-04

Jika teman-teman pernah ke Lombok, maka pasti sudah tidak asing lagi dengan para pedagang mutiara. Mulai dari yang menggelar lapaknya di lobby hotel, yang siap dipanggil saat digelar suatu event atau yang sudah memiliki galeri sendiri. Beruntung sekali saya bisa tinggal di Lombok, belajar banyak perihal mutiara. Kalau dihitung, entah ada berapa banyak toko mutiara yang ada di Lombok ini. Dan satu dari sekian banyak galeri mutiara tersebut pada saya tuliskan pula di blog, Hanna Jewellery Pearl namanya. Sebuah tempat yang tidak hanya menjual beragam perhiasan mutiara tetapi juga aneka produk songket khas Lombok. Hanna Jewellery Pearl didirikan atas dasar kecintaan si pemilik terhadap perhiasan mutiara terutama yang dihasilkan di Lombok, harapannya tentu saja agar mutiara Lombok semakin dikenal luas, jelas Bintang- perempuan cantik yang merupakan salah seorang pendiri Hanna Jewellery Pearl. Hanna Jewellery Pearl dan mereka semua yang tidak henti berusaha mengenalkan serta mempromosikan mutiara Indonesia tidak lain adalah pahlawan bagi produk-produk negeri kita. Indonesian South Sea Pearl menjadi dikenal luas karena berawal dari kontribusi-kontribusi kecil seperti tadi.

The Power of Social Media

mutiara_01

Foto oleh Admiral Pearl Lombok

Media Sosial telah mengambil banyak peran pada sektor apapun saat ini. Termasuk dalam dunia mutiara. Foto di atas adalah foto produk yang dipasarkan secara online oleh Admiral Pearl Lombok. Jangan cari galeri atau toko fisiknya di Lombok, tidak ada. Butir-butir mutiara tersebut dipasarkan online dengan memanfaatkan beragam media sosial yang ada. Hasilnya? Tidak usah sebut berbagai nama daerah di Indonesia, karena hampir seluruhnya sudah melakukan pemesanan. Tetapi bicaralah perihal negara-negara di luar Indonesia. Ya, pemasarannya sudah dilakukan ke sejumlah negara. Dan percayalah, yang di atas itu mutiara asal Indonesia, tepatnya dari Pulau Lombok! Sebuah kontribusi yang luar biasa bukan?

Belakangan ini malah jangan heran bahwa sebagian besar warga Lombok sudah memanfaatkan internet untuk memasarkan produk-produk mutiara yang oleh para pemilik galerinya sendiri hanya terbatas pada pemasaran secara offline. Dengan memanfaatkan media sosial secara bijak juga mengantarkan kita untuk ikut andil memajukan produk mutiara negeri sendiri.

Edukasi, Edukasi, Edukasi

mutiara_07

Satu hal terakhir yang tidak kalah penting adalah tentang edukasi. Ya, kita yang sudah lebih tahu. Kita, yang mungkin sudah lebih dulu paham apa itu Indonesian South Sea Pearl perlu terus mengedukasi masyarakat tentang keistimewaan si mutiara laut selatan Indonesia. Tentang keunggulannya pun tentang dari mana butir-butir mutiara tersebut berasal. Sebab tidak semua dari mereka tahu perihal Indonesian South Sea Pearl. Tidak semua dari mereka tahu potensi yang dimiliki Indonesian South Sea Pearl. Tidak semua dari mereka tahu bahwa ini adalah produk asli dari Indonesia, yang tentu saja tidak boleh dilupakan.

Ya, sebab inilah satu dari sekian banyak harta kekayaan yang kita punya. Harta Kekayaan yang harus kita kenali, cintai dan berdayakan potensinya dengan sebaik mungkin.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

51 Comments

  • Bai Ruindra October 24, 2016 at 3:03 pm

    Waktu di Lombok gk dibeli, berat diongkos hehehe

    Reply
  • Hafidzah Cumlaude October 24, 2016 at 3:39 pm

    Subhanallah.. Itu mutiara sungguhan ><

    Reply
  • Arman Tjandrawidjaja October 25, 2016 at 12:13 am

    terus terang gua gak bisa bedain lho mutiara asli sama palsu.. hehehe.

    Reply
  • Rotun DF October 25, 2016 at 1:41 am

    Ya Allah Mba Andy…bagus bangeeeet <3 <3
    Mendengar namanya aja, Indonesian south sea pearl, udah berasa keren banget ya.
    Dan membayangkan satu tiram hanya menghasilkan SATU BUTIR mutiara dalam waktu bertahun-tahun bikin aku speechless. Gimana nggak spesial dan mahal kalau proses produksinya saja selama itu.
    Tapi karena harganya yang sangat mahal, akhirnya malah banyak yang mundur cantik untuk mengoleksi mutiara asli ya.

    Reply
  • Zia Subhan October 25, 2016 at 5:44 am

    Sempat jual beli mutiara dari mulai yang dari laut Indonesia sampai Jepang, tapi ternyata produk mutiara putih yang ada di jepang itu sebagian dari budidaya mutiara di laut Indonesia. Cantik banget ya.

    Ulasannya oke banget. 🙂

    Reply
  • Beby October 27, 2016 at 11:07 am

    Masya Allah bagus banget, Mbak.. Aku gak tau kalok mutiara di Lombok itu Mutiara Selatan. Lah ini aja baru denger. Wkwkwk. 😀

    Reply
  • quiksilver indonesia October 28, 2016 at 3:20 am

    banyak sekali mutiara yang ada di indonesia, salah satu adalah mutiara laut selatan yang di kenal memilik bentuk dan warna nya yang indah dan elegan..

    Reply
  • Mugniar October 28, 2016 at 6:13 am

    Maunya, orang2 di NTB dan di mana pun yang produksi mutiara, giat juga promo untuk 6th Indonesia Pearl Festival ini yah biar menggaung gitu ….

    Reply
  • Bowo Susilo October 28, 2016 at 8:43 am

    Indonesia memang kaya akan mutiara2 yang keren. Semoga Indonesia bisa mengolahnya dengan baik ya mbk.

    Reply
  • dwi permitasari October 28, 2016 at 1:26 pm

    Semoga ada rejeki suatu hari nanti bisa mjd saksi.. Lombok.. i’m in love ♥

    Salam salute мϐä ^.^

    Reply
  • Amir October 28, 2016 at 1:33 pm

    Wah diLombok banyak mutiaranya juga, berarti bukan hanya wisatanya saja dong yang dikenal banyak masyarakat, kekayaan lautnya juga banyak

    Reply
  • evrinasp October 28, 2016 at 11:59 pm

    mutiara kita gak kalah indah dengan mutiara dari luar, sukses terus untuk Indonesia

    Reply
  • khadry October 29, 2016 at 3:28 am

    bagus” mutiaranya lombok…

    Reply
  • Cumilebay October 29, 2016 at 5:06 am

    Kalo ke lombok pasto deh mutiara ini jadi oleh2 nya

    Reply
  • Herry October 29, 2016 at 6:39 am

    Lombok Memang Luar Biasa (y)

    Reply
  • Made Resini October 29, 2016 at 11:11 am

    Kereeennn…..

    Reply
  • Fitt October 29, 2016 at 4:01 pm

    wah fix kalo ke lombok harus ke toko mutiara, kalo di makassar banyak toko emas, di lombok banyak toko mutiara ya? hihi btw udah lama ga blogwalking

    Reply
  • desi October 30, 2016 at 12:07 am

    aaahhh, aq suka bgt ni pearl. Indonesiakuh dijaga ya kekayaannyaa 🙂

    Reply
  • Keke Naima October 30, 2016 at 4:55 am

    Saya sebetulnya kurang menyukai perhiasan, makanya gak pernah beli. Tapi, kalau ada yang ngasih pastinya gak bakal nolak karena memang cantik juga hahaha

    Reply
  • diah purwita sari October 30, 2016 at 5:14 am

    Wah cantik mutiaranya
    Pengen 🙂

    Reply
  • Raditya October 30, 2016 at 8:24 am

    Keren… jadi tertarik deh untuk jadi jewelry desainer.. profesi jarang di geluti di Indonesia..hehe

    Reply
  • Eko Nurhuda October 31, 2016 at 12:14 pm

    Wuih, baru tahu nih kalau Indonesia itu produsen mutiara terbesar di dunia. Keren ya. Tapi jadi nggak keren kalau hasil pemanfaatan kekayaan tersebut hanya bisa dinikmati segelintir orang. Dan kayanya masih banyak hal yang bisa kita lakukan untuk lebih mempromosikan mutiara Indonesia agar lebih dikenal dunia.

    Reply
  • Eva Sri Rahayu November 1, 2016 at 12:52 am

    Waah, baru tahu kalau mutiara laut selatan merupakan mutiara termegah di dunia 😀

    Reply
  • Widya Dewi November 1, 2016 at 1:08 am

    Kak, minta mutiara hitam dooong.

    Reply
  • alfu laila November 1, 2016 at 7:49 am

    Pernah dibeliin sama suami nih pas ke Lombok.. Baguss…

    Reply
  • Dee - @HEYDEERAHMA November 1, 2016 at 8:32 am

    Menggoda banget itu kilau mutiaranya ya :’)

    Reply
  • nova violita November 3, 2016 at 6:01 am

    gemes liat… mutiara2 yang nempel dicincin…. cakep…, ah aku mau donk satu he2,
    jewelry desainer emang keren ya..

    Reply
  • Ipeh Alena November 3, 2016 at 6:19 am

    Mutiaranya bagus memang, saya punya hasil oleh-oleh dari tante saya waktu ke Lombok.

    Reply
  • Yuni November 3, 2016 at 6:19 am

    Kereeen ya,.,Indonesia emang tiada duanya.

    Reply
  • bundashidqi lia November 3, 2016 at 7:52 am

    ya Allah cantik-cantik banget mutiaranya, jadi ikutan miris kalau negeri luar lebih berhasil “menjual” mutiaranya dibanding Indonesia sendiri. Ayo majulah Indonesia

    Reply
  • lianny hendrawati November 3, 2016 at 8:52 am

    Waaaah mutiaranya cantik bangeeeet. Kebayang deh dijadikan perhiasan seperti kalung dan gelang pasti bagus. Tapi kadang banyak yg jual mutiara palsu.

    Reply
  • Liza November 3, 2016 at 9:06 am

    jadi pingin punya satu mbak

    Reply
  • Arina Mabruroh November 3, 2016 at 1:22 pm

    Keren banget mutiaranya.. ???
    Pengen punya.. Semoga bisa beli kapan2

    Tmn kuliahku ada yg skrg jd pengusaha mutiara jg d Lombok 🙂

    Reply
  • agugus.com November 3, 2016 at 3:03 pm

    wanita banyak yang komen nih kalau postingannya mutiara,biasanya lihat di tv ini lihat foto di blog kok lebih bagus bagus mutiaranya pantas bernilai tinggi dan banyak yang ingin membelinya

    Reply
  • Gena Lysistrata November 3, 2016 at 8:54 pm

    cakepppp banget ya mutiara-mutiaranya..dulu waktu masih kecil saya suka banget mba sama mutiara..karena papa saya dulu sering dinas ke daerah sulawesi, jadi kalo pulang pasti bawa pernak pernik mutiara. hehe

    Reply
  • Nchie Hanie November 4, 2016 at 12:00 am

    Cantik iih mutiaranya..
    Boleh dikirim satu sini Andy, hahhaaa
    Btw aku ga ngeh kalo dikasih ini asli apa palsu yaa…

    Reply
  • Susindra November 4, 2016 at 5:38 am

    Kelihatannya tidak terlupakan lho Mbak, malah sangat dihargai. Dan mutiara Lombok termasuk yang terbaik

    Reply
  • Helena November 4, 2016 at 6:37 am

    Aku pernah belanja mutiara di Lombok. Subhanallah cantik-cantik berkilau gitu. Memang beda dari yang KW

    Reply
  • Blogger Kendal November 4, 2016 at 10:03 am

    terharu rasanya :’)
    Indonesiaku, itu emang tempat segalanya ada

    Reply
  • bagiinfo November 5, 2016 at 6:13 am

    Kalau bicara tentang kekayaan indonesia emang gak ada habisnya..contohnya aja sepert itu…
    mutiara dari laut selatan. Katanya Indonesia juga penghasil mutiara kualitas terbaik kan ya

    Reply
  • Gushairon Fadli November 5, 2016 at 6:44 am

    Aku kadang kepikiran kerangnya kalau punah e..

    Reply
  • cputriarty November 6, 2016 at 12:09 am

    Pernah dikasih kerabaat mutiara cantik dari sana.Kerena takut rusak (dasar saya orangnya “bejijagan” alias tomboy) jadinyaa mama tersayang yang pakai aja.

    Reply
  • davin davin November 6, 2016 at 5:57 am

    emang , indonesia punya kekayaan yang super keran dan tak ada duanya ya…

    Reply
  • TekoNeko November 6, 2016 at 12:55 pm

    Keren nih, Indonesia punya, dan kita harus bangga akan sumber daya tanah air kita tercinta…

    Reply
  • penulisngapak November 7, 2016 at 7:22 am

    Indonesia memang negara yang sangat kaya. Maka dari itu SAYA BANGGA TINGGAL DI INDONESIA 🙂
    Terimakasih kak informasinya. Blognya enak dibaca 🙂

    Reply
  • Rubi November 7, 2016 at 7:46 am

    Mantab..
    mutiara lombok mmg bagus kualitasnya.

    Reply
  • Observasi November 10, 2016 at 5:42 am

    Aiisshh lombok, mutiara, indonesia.
    Indah, indah, indah, semoga terjaga terus keindahannya terhindar dari tangan-tangan tidak bertanggung jawab yang memikirkan perut sendiri. Aamiin.

    Reply
  • cloud service indonesia November 22, 2016 at 6:39 am

    keren banget mba mutiaranya

    Reply
  • buah merah papua December 8, 2016 at 7:58 am

    Nggak nyangka ternyata di lampung ada to penghasil mutiara, baru tahu akuh. hehe

    Reply
  • Sari Buah Merah December 10, 2016 at 3:00 am

    ternyata emg benern nyata ada ya mutiara dalam kerang gitu, kirain cuma dalam film2 doank

    Reply
  • Bunda Mala February 22, 2017 at 2:06 pm

    cantik sich mbak … tapi harganya cukup berat dikantong hehe

    Reply

Leave a Comment