Berlibur Lebih Tenang dan Nyaman dengan Tiga Tips Berikut Ini

Hari libur adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Di hari libur, kita bisa melakukan perjalanan bersama keluarga ke tempat-tempat yang dapat memberikan penyegaran dan hiburan. Jika pada libur akhir pekan, kita hanya mengadakan perjalanan yang dekat karena terbatasnya waktu berlibur. Maka, pada libur panjang, kita dapat merencanakan perjalanan ke tempat-tempat yang lebih jauh. Libur panjang itu biasanya terjadi pada menjelang dan sesudah hari raya dan libur semesteran atau kenaikan kelas anak sekolah.

Masalah yang sering terjadi adalah, musim liburan adalah waktu puncak dimana banyak orang juga melakukan perjalanan. Lihat saja tempat-tempat wisata dipadati pengunjung. Jika kita tidak merencanakannya dengan baik, bisa jadi momen liburan yang seharusnya menyenangkan pun justru meninggalkan kesan yang buruk. Berikut adalah tiga tips agar berlibur jadi lebih tenang dan momen liburan dapat meninggalkan kesan yang baik.

Ketahui situasi dan kondisi di tempat berlibur

andyhardiyanti-pantai-seger-005

Sebelum berlibur, cari tahu mengenai tempat yang menjadi tujuan liburan. Bila Anda berlibur bersama keluarga dan membawa anak-anak kecil, pastikan tempat berlibur itu kondusif untuk anak-anak. Perhatikan cuaca di tempat tujuan apakah sedang musim hujan, panas, salju, atau semi. Untuk anak-anak yang terbiasa tinggal di negara tropis, tentu akan  terkejut ketika dibawa ke negara lain yang saat itu sedang musim salju. Udara yang sangat dingin akan membuat anak merasa tidak nyaman. Hindari tempat berlibur yang sedang ditimpa wabah penyakit. Untuk tempat-tempat yang riskan, waspadai serangan penyakit yang sering menjangkiti wilayah tersebut. Contohnya saja Raja Ampat. Serangan nyamuk malaria yang biasa terjadi di wilayah Papua tersebut, harus diantisipasi agar tidak ada anggota keluarga yang terkena gigitannya. Di Bali, pada hari raya Nyepi, bandara-bandara harus ditutup dan terjadi pemadaman listrik selama sehari satu malam. Jika Anda bersikeras datang ke Bali saat Nyepi, maka Anda harus siap menghadapi kondisi tersebut.

Lakukan persiapan yang matang

sumber: budgettravel.com

sumber: budgettravel.com

Persiapan itu meliputi: barang-barang yang hendak dibawa, stamina anggota keluarga yang akan berlibur, transportasi, akomodasi, dan uang saku. Untuk perjalanan yang  jauh, jangan berlibur dengan modal nekat, apalagi membawa anak-anak usia di bawah sepuluh tahun yang mudah rewel dan sakit. Anak-anak harus dipersiapkan kondisinya agar nyaman. Bawa barang-barang yang dibutuhkan anak-anak, diantaranya: makanan ringan, minuman kesukaan, obat-obatan, dan mainan. Berikan anak-anak pakaian yang enak dipakai dan tidak membuat panas. Jika cuaca berangin atau dingin, pakaikan jaket. Jika menggunakan mobil pribadi, cek kondisi mobil terlebih dahulu dengan membawanya ke bengkel agar tidak menimbulkan kecelakaan di jalan. Jangan lupa membawa uang saku yang cukup untuk bekal di perjalanan.

Pesan Hotel dari Jauh Hari dengan Online Travel Agent (OTA)

Golden-Palace-80-1024x682

Akomodasi atau tempat menginap adalah salah satu hal penting yang juga harus dipersiapkan saat Anda akan berlibur ke tempat yang jauh. Tidak semua orang memiliki rekanan atau saudara di tempat liburan, sehingga bisa menumpang menginap dengan gratis. Jika tidak ada tempat menginap gratis, sudah tentu kita harus memesan kamar hotel. Perkembangan teknologi semakin memudahkan kita dalam melakukan segala hal, termasuk memesan kamar hotel.  Kini, kita bisa melakukan pemesanan kamar hotel melalui Online Travel Agent, seperti traveloka, agoda, ticket, pegi-pegi, dan sebagainya. Pada masa puncak liburan, yaitu di mana orang berbondong-bondong melakukan perjalanan liburan, memesan hotel melalui OTA adalah hal yang sangat direkomendasikan.

Bayangkan bila Anda datang ke tempat berlibur dan belum tahu akan menginap di mana. Anda harus menyisiri setiap hotel yang ada di sana untuk menanyakan apakah ada kamar kosong. Naasnya, pada puncak liburan, kamar-kamar hotel biasanya sudah penuh dipesan. Dengan menggunakan OTA, Anda bisa memesan dari jauh hari, misalnya dua bulan sebelumnya. Anda bisa melihat kamar kosong yang tersedia dengan hanya menggunakan gerakan jemari di atas layar smartphone. Jika hotel pertama yang Anda pilih itu sudah full booked, Anda bisa mencari ke hotel lainnya, lagi-lagi hanya dengan menggerakkan jemari di layar smartphone.  Mudah, bukan? Tak ada lagi tragedi kehabisan kamar hotel dan harus berjalan berkilo-kilo jauhnya demi mendapatkan kamar kosong gara-gara memesan secara langsung, yaitu mendatangi hotelnya.

Selamat berlibur ya dan semoga liburan Anda menyenangkan!

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

7 Comments

  • Mukhsin Pro October 13, 2016 at 5:35 am

    Semakin hari semakin mudah saja yah.

    Reply
  • Timo October 13, 2016 at 7:13 pm

    Kl aku di persiapan, yang penting sih obat-obatan, mulai dari obat sakit perut, pegel2, menolak angin 😀

    Reply
  • cumilebay October 14, 2016 at 12:46 am

    Yang penting bawa duit yang banyak maka semua akan beres hahaha

    Reply
  • Emakmbolang October 14, 2016 at 1:33 am

    Bandan Fit dang uang cukup, sangat penting buat nikmati perjalanan

    Reply
  • Muda Berkarya October 14, 2016 at 1:28 pm

    penting bgt yang pesen hotel jauh-jauh hari secara online,, soalnya klo baru nyampe lokasi blum dpt hotel malah jadi repot yaa..

    Reply
  • Dee - @HEYDEERAHMA October 17, 2016 at 6:13 am

    Dulu kalo travelling aku detail banget bikin itin sampai persiapannya. Sekarang udah lebih santai, terkadang malah pesen hotel pas hari h. Liat sikon pas traveling :))

    Reply
  • Nasirullah Sitam October 27, 2016 at 4:47 am

    Kalau aku liburan nggak pikir terlalu ribet, yang penting kelaur dari kota dan bersantai di tempat lain menurutku udah jadi liburan hahahahah. Apalagi kalau ada yang nawarin pinjaman sepeda terus muter kota tersebut. Bisa jadi itu liburan terbaikku 😀

    Reply

Leave a Comment