Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Si Kecil

rencana-pendidikan-03

Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Si Kecil. Tidak bisa dipungkiri bahwa biaya pendidikan di Indonesia itu mahal. Kalau di Indonesia yang notabene masih di negeri kita sendiri saja sudah dibilang mahal, maka tidak salah dong kalau ditebak-tebak biaya pendidikan di luar negeri bisa jauh lebih mahal. Memang sih, sekolah negeri (sekolah pemerintah) sekarang sudah aman dari yang namanya SPP, yang mana biasanya dibayarkan per bulan. Ya tapi itu belum bisa menjangkau kebutuhan pendidikan mereka hingga tahap perguruan tinggi. Belum lagi atas berbagai alasan (fasilitas misalnya),tidak jarang dari kita yang lebih memilih sekolah swasta sebagai tempat sekolah si kecil dibandingkan dengan sekolah negeri. Padahal sudah jelas biaya yang dikeluarkan nantinya akan jauh lebih banyak. Lalu dana pendidikan untuk itu semua dapat dari mana?

Menengok Kondisi Perekonomian Indonesia Saat Ini

stock-exchange-1426330_960_720

Sebelum membahas tentang tips mempersiapkan dana pendidikan anak, kita cerita cerita dulu yuk soal kondisi perekonomian Indonesia saat ini. Tidak perlu berat berat bahasanya. Sederhananya sih gini, pada berasa gak kalau selembar uang Rp100.000 itu rasanya kok sedikit banget. Dibawa belanja ke mana gitu rasanya belum cukup. Paling bisanya beli apa tuh? Ya pokoknya jadi gak berasa aja kalau punya uang, pecah sedikit jadi nominal yang lebih kecil pas dipakai belanja eh gak lama kok udah habis aja 🙁

Dulu ingat banget, jajan ke sekolah bawa uang Rp2.000 aja sudah cukup. Bisa beli makanan, minuman, plus mainan lucu dengan harga murah meriah. Lah sekarang? coba deh cek uang jajan yang dibawa sama adik-adik sekolah di luar sana. Mau ngecek uang jajan anak sendiri eh tapi dianya masih TK cyin! Aman dari yang namanya uang jajan..hihihi. Jadi ya gitu sekarang, bukan sekarang aja sih..besok besok setahun, dua tahun dan tahun tahun ke depan ya pasti terjadi yang namanya inflasi.

Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (continue) berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain: konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidaklancaran distribusi barang

Terus, 15 tahun lagi kondisi perekonomian Indonesia bagaimana?

rencana-pendidikan-04

Saya sih bukan pakar ekonomi yaa.. tapi kalau dilihat dari apa yang terjadi kemarin dengan sekarang sih dimana semuanya kok pada naik, hujan aja kali yang turun #eh ya prediksinya bakal tetap sama. Semakin tahun semuanya semakin mahal. Jangan tanya deh 15 tahun mendatang yang jauhnya masih lama banget. 2 atau 3 tahun besok ini harga barang-barang mah paling bakal naik aja. Ini itu jadi serba mahal. Sementara gaji masih setia di angka segitu #eh #bukansaya

Lah terus bagaimana caranya mau menabung buat persiapan dana pendidikan si kecil kalau buat makan dan ngopi ngopi cantik sehari-hari saja sudah susah? Kalau sekolah di sekolah pemerintah sih gampang aja, tapi kalau incerannya dari sekarang udah sekolah swasta plus plus (plus bahasa Inggris, plus sertifikat standar internasional, plus makan, plus asrama, plus ini plus itu..), maka jangan heran deh kalau dari sekarang emang udah harus plus plus juga menabungnya (baca: berkali lipat).

Program Bekal Masa Depan (BMD) Chil-Go!

bekal-masa-depan-002

Bagaimana? Dag dig dug juga kan membayangkan berapa besarnya dana yang harus disiapkan untuk sekolahnya si kecil. Mulai dari TK, SD, SMP, SMA hingga ke perguruan tinggi. Sekarang sih baru seorang si kecil yang harus dipikirkan, lah besok besok kalau udah adiknya? Berarti mesti dikalikan lagi kebutuhannya ya kan? Berat mikirnya? Ya sudah, pending dulu mikirin hitung-hitungannya. Sekarang saya mau share ke teman-teman tentang sebuah program yang menarik banget, namanya Program Bekal Masa Depan (BMD) Chil-Go!

Pada postingan sebelumnya, saya sudah pernah membahas tentang program yang diadakan oleh Morinaga Chil-Go! tersebut yang mana tulisannya bisa dibaca di sini. Yaps, Morinaga Chil-Go! sedang mengadakan suatu kompetisi yang akan memperebutkan hadiah dana asuransi pendidikan senilai total 3 Milyar Rupiah! 3M gaesss.. 3M… itu Alhamdulillah banget kan dipakai buat sekolahnya si kecil sampai nanti dia gak dipanggil si kecil lagi (baca: sampai kelar kuliah) 😀

Gak percaya kalau program Bekal Masa Depan (BMD) Chil-Go! ini berhadiah total 3 Milyar Rupiah? Beneran deh, jadi hadiah utama dari Bekal Masa Depan Chil-Go! ini adalah Dana Asuransi untuk Pendidikan dengan total senilai 3 Milyar Rupiah yang dibagi menjadi 3 (tiga) kategori di masing-masing periode, yaitu :

  • Platinum: Asuransi Pendidikan senilai Rp 500.000.000,-(lima ratus juta rupiah)*
  • Gold: Asuransi Pendidikan senilai Rp 300.000.000,-(tiga ratus juta rupiah)*
  • Silver: Asuransi Pendidikan senilai Rp 200.000.000,-(dua ratus juta rupiah)*
    * berdasarkan perhitungan investasi hingga anak berusia 18 tahun

Program Bekal Masa Depan (BMD) Chil-Go! ini akan melombakan ide-ide permainan yang sudah diceritakan oleh Ayah/Bunda di website Bekal Masa Depan (BMD) Chil-Go! . Tentunya bukan sembarang ide permainan yaa yang diceritakan, melainkan adalah ide permainan yang dapat menstimulasi satu atau lebih dari 8 kecerdasan majemuk yang dimiliki si kecil. Gampang kan? Buruan deh ikutan programnya sekarang juga. Eitt..jangan lupa tonton dulu video di atas sampai selesai. Iya, biar ntar gak repot-repot nanyain cara ikutannya lagi 😀

Tentang Cita-Cita Si Kecil

rencana-pendidikan-05

Itu repot repot sekolah tinggi tinggi, repot repot menyiapkan dana pendidikan yang makin tahun makin mahal aja sebenarnya buat apa? Jawabannya adalah buat mengejar cita-cita #eaaa. Terus cita-citanya apa? Belum tahu juga sih. Sampai saat ini Rani masih belum jelas jurusannya berat ke mana. Bulan ini senang hitung-hitungan, eh bulan depannya jadi suka mewarnai. Mending kalau masih seputaran dua hal itu, ini malah segalah hal dia jabanin. Kalau ditanya nanti kalau gede mau jadi apa, jawabannya mau jadi Uak Bibi..yups..Rani pengen jadi kayak uaknya (kakak saya). Yang mana masih gak jelas dianya pengen ngikut berprofesi sebagai apoteker layaknya Uak Bibi ataukah dia mau jadi pribadi seperti Uak Bibi yang rajin, baik hati, pintar masak dan tidak sombong itu.

Tapi kalau belakangan terakhir ini kita tanya lagi cita-citanya apa. Maka Rani akan dengan tegas menjawab bahwa dia ingin menjadi dokter gigi. Wuih..umur 5 tahun udah tahu aja kerjaan dokter gigi. Saya dulu mah SD tahunya dokter ya dokter aja 😀 What? Dokter Gigi? Kemudian saya langsung membayangkan rupiah demi rupiah yang dikeluarkan oleh Ayah dan Ibu sewaktu menyekolahkan kakak kedua saya. Biaya kuliahnya, peralatan praktiknya dan lain-lain yang mana semuanya itu: M-A-H-A-L alias mahal! Ya jadi jangan heran kalau tarif periksa dan lain-lain di dokter gigi tuh mahal, lah peralatannya aja mahal gaes..

Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Si Kecil

rencana-pendidikan-06

Akhirnya kita sampai ke bagian sharing tips tentang bagaimana mempersiapkan dana pendidikan bagi si kecil 🙂 Apa saja sih? Pertama, Ayah dan Bunda sebagai orang tua sebaiknya sudah harus mulai mendiskusikan pendidikan anak sejak sang anak masih dalam kandungan. Caranya adalah melakukan survei dengan mendatangi sekolah-sekolah yang ada atau datang ke pameran pendidikan yang mulai banyak diselenggarakan. Kedua, berdasarkan pilihan favorit orang tua dan anak, lakukan riset kebutuhan biaya pendidikan untuk tahun ini. Dan jangan lupa untuk pahami bahwa biaya pendidikan tahun ini kemungkinan besar akan meningkat setiap tahunnya, sehingga saat anak masuk sekolah nanti nilainya akan bertambah besar.

Selanjutnya atau yang ketiga adalah sesuaikan kebutuhan dana yang sudah dihitung dan silakan periksa tabungan atau investasi yang sudah disiapkan. Apakah dananya sudah cukup? Apabila angkanya masih lebih kecil dari yang seharusnya, maka mau tidak mau kita harus tegas bahwa sekarang sudah saatnya untuk merevisi rencana dana pendidikan. Kemudian yang terakhir yaitu dengan memeriksa apakah keuangan keluarga sudah terlindungi. Menabung dan berinvestasi akan terasa mudah dijalankan oleh keluarga yang masih produktif dan mendapatkan penghasilan. Namun risiko kematian di usia produktif atas pencari nafkah atau orang tua dapat terjadi kapan saja. Oleh sebab itu, perlindungan asuransi jiwa sangat penting dalam perencanaan dana pendidikan.

Hitung Hitung Dana Pendidikan Si Kecil

rencana-pendidikan-01

Menghitung Biaya untuk Sekolah Dasar Negeri (SDN)

Karena urusan hitung hitung dana pendidikan itu ribet banget. Maka Morinaga Chil-Go! melalui program Bekal Masa Depan (BMD) mencoba memfasilitasi Ayah dan Bunda untuk menghitung sendiri besar biaya pendidikan si kecil menggunakan kalkulator dana pendidikan. Kalkulator yang bisa teman-teman download pada halaman Bekal Masa Depan (BMD) Morinaga Chil-Go! tersebut. Asyik kan tuh 😉 Saya juga sudah mencobanya. Belum sampai hitung ke tingkat perguruan tinggi sih. Masih coba-coba hitung biaya yang dikeluarkan untuk 6 tahun menganyam pendidikan di sekolah dasar, baik negeri maupun swasta.

Yaps..saya coba semuanya. Kalau negeri ya sudah pasti biayanya terjangkau. Sebab kita sebagai orang tua hanya perlu membayar uang pangkal. Dari hasil perhitungan tersebut saya dapatkan bahwa setidaknya saya perlu investasi sekitar Rp89.422 per bulan untuk memenuhi biaya sekolah Rani di SD Negeri pada 1 tahun yang akan datang. Wuihh..waktu mepet gaess! Tinggal setahun aja~ Tidak begitu berat sih sebenarnya, eittt tapi..bukankah rencana saya sejak awal ingin menyekolahkan Rani di sekolah swasta yang tentunya memiliki fasilitas lengkap.

rencana-pendidikan-02

Hasil Perhitungan Biaya Dana Pendidikan pada Sekolah Swasta

Dan ini iseng-iseng aja, dengan asumsi kami sekeluarga pindah ke Makassar lagi. Maka saya rencananya ingin menyekolahkan Rani di salah satu Sekolah Islam Terpadu yang ada di sana. Dari hasil mencari info terkait Sekolah Islam Terpadu terbaik yang ada di sana, maka saya mulai menghitung kisaran dana pendidikannya. Dan surprise! Lihat deh hasil perhitungannya di atas. Oh no! Saya harus menyiapkan/berinvestasi sekitar 9 juta per bulan #seketikapingsan #ehjangandong. Sungguh angka yang besar bukan?

Jangan Lupa Ikutan Program BMD Chil-Go!

bekal-masa-depan-005

Bagaimana pun gak ada salahnya kan buat ikutan program Bekal Masa Depan (BMD) Chil-Go! Saya aja yang baru kelar berbagi satu cerita ide permainan rasanya pengen menulis lagi. Teman-teman yang lain, yuk ah buruan ikutan. Cara ikutannya sudah saya jelaskan pada tulisan sebelumnya, juga pada gambar di atas. Lumayan banget nih hadiahnya. Dapat tabungan pendidikan 🙂 Menggiurkan banget ini euy~

Yuk ah buruan persiapkan dana pendidikan buat si kecil. Salah satu langkah awalnya yaitu dengan mengikuti program Bekal Masa Depan (BMD) Morinaga Chil -Go! Siapa tahu menang, ya kan? Kalau teman-teman bagaimana nih, sudah siapkah dana pendidikannya untuk si kecil nanti? Ceritakan di kolom komentar yuk~

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

17 Comments

  • Rani R Tyas September 2, 2016 at 5:34 pm

    Macam haji aja ya mbak ada plus plusnya. Semoga tercapai ya Rani cita-citanya..

    Reply
    • andyhardiyanti September 3, 2016 at 12:43 am

      Hahahaha..iya mbak. Begitulah yaa..ada harga ada kualitas kalau kata orang-orang.

      Reply
  • Sri Wahyuni September 2, 2016 at 11:06 pm

    Bener banget mba mikirin biaya pendidikan anak jadi pusing sendiri, apalagi biaya hidup sehari juga pada naik, kalo kita sebagai orang tua tidak pandai berhemat dan menyiapkan dana pendidikan sejak dini, tentu hak anak tak terpenuhi. Terimakasih tipsnya yang Inspiratif. Salam….

    Reply
    • andyhardiyanti September 3, 2016 at 12:42 am

      Iya mbak, untuk biaya sekolah Rani juga emang baru kita pikirkan sekarang. Telat banget yak..padahal tahun depan udah masuk SD aja~

      Reply
  • Mukhsin Pro September 2, 2016 at 11:26 pm

    Luar biasa biayanya, sampe segitu.

    Reply
    • andyhardiyanti September 3, 2016 at 12:41 am

      Yapss, begitulah.
      Ini baru untuk seorang anak lho 😀

      Reply
  • Enas Nasrudin September 3, 2016 at 12:18 am

    ulasan yang menarik mas, nanti saya coba pelajari dlu sekalian tanya2 teman di kantor deh tentang program ini
    kalo saya coba menggunakan deposito udah jalan 1thn-an, max 10 thn

    Reply
    • andyhardiyanti September 3, 2016 at 12:40 am

      (((((massss)))))
      hihihi iya.. ayo coba hitung hitung juga pakai kalkulator yang disediakan di sana.

      Reply
  • bunda sugi September 3, 2016 at 1:06 am

    Biaya pendidikan memang harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Termasuk pemilihan pendidikan anak juga harus dipikirkan jauh-jauh hari. Tujuannya agar anak mendapatkan kesempatan mengenyam pendidikan terbaik

    Reply
  • cputriarty September 3, 2016 at 6:53 am

    nama putrinya sama persis dengan putriku mba…hehehe usianya juga sama

    Reply
  • cumilebay September 3, 2016 at 1:49 pm

    Iya 100 rebu mah cuman seuprit, ngak sampai 2 jam juga habis ihik ihik

    Reply
  • inda chakim September 3, 2016 at 4:04 pm

    aku udh mbk nyobak kalkulator financialnya, dan begitu lihat hasilnya, jebret, langsung kaget dan sadar kudu bnr2 prepare sm rusn dana pendidikan bwt bocah.
    tengkiu sharenya ya mbk

    Reply
  • MeriskaPW September 4, 2016 at 9:57 pm

    Apalagi kalau sekolahnya di Green Yard School ya mbak? Makin susah lah mau ngopi-ngopi cantiknya, wakaka..

    Btw, kita seumuran tp anakku masih umur 2 tahun.. anaknya mbak udah 5 tahun.. pasti nikahnya umur belasan ya? *kepo* 😀

    Reply
  • Bibi Titi Teliti September 5, 2016 at 1:59 am

    Wah, Raniiiii jadi dokter gigi itu selain biaya sekolahnya mahal, konon katanya peralatannya juga mahal lho hahaha…

    Tapi Insya Allah pasti bakal ketemu jalannya dan bisa tercapai yah sayang 🙂

    Mudah2an kita sama2 beruntung ikutan Bekal Masa Depan Chil-Go ini yah mbaaak 🙂

    Reply
  • Evrinasp September 6, 2016 at 12:50 am

    Wuihhh manteb review nya buk, jadi bikin saya aware lagi untuk mempersiapkan dana pendidikan anak

    Reply
  • baiqrosmala September 6, 2016 at 1:25 pm

    semoga mimpi Kaka Rani bisa terwujud yaaa 🙂 dan mba Andy terpilih menjadi salah satu pemenang di kontes Chil Go ini, amiiiin

    Reply
  • Seruni September 9, 2016 at 8:46 am

    sesuatu yang jarang diperhatikan para orang tua ni. Namun artikel ini akan membuka mata orang tua yang harus mempersiapkan dana pendidikan.

    Reply

Leave a Comment