Melihat Karya Sang Maestro dan Menginap di Hotel Mewahnya Yogyakarta

5 Makanan yang Dapat Menangkal Efek Negatif Hidangan Daging Qurban

Yogyakarta, kota yang terkenal dengan kearifan lokalnya, dan sering disebut sebagai kota pelajar ini adalah salah satu destinasi kota yang bisa kamu kunjungi. Terutama bagi kamu penikmat seni, Yogyakarta memang memiliki daya tarik tersendiri. Di kota ini tepatnya di tepi barat sungai Gajah Wong, terdapat rumah sang maestro Affandi yang kemudian dijadikan sebagai museum, nama museumnya pun menyematkan nama sang maestero tersebut, menjadi Museum Affandi.

Mendengar nama Museum Affandi, pastinya tidak asing lagi buat kamu para penikmat seni lukis ya guys. So, jangan lupa  untuk memasukan museum ini ke daftar tempat wisata yang akan kamu kunjungi jika ke Jogja. Tapi buat kamu yang masih bingung dengan pertanyaan “siapa sih memangnya bapak Affandi?” tenang, disini saya bakal jelaskan sedikit ya teman-teman.

Bernama lengkap Affandi Koesoma, beliau adalah seorang pelukis berbakat yang pernah dimiliki oleh bangsa ini. Beliau dikenal sebagai maestro seni lukis dengan gaya ekspresionis, dan mungkin seorang pelopor gaya ekspresionis baru di Indonesia. Semasa hidupnya beliau sangat produktif, setidaknya Affandi telah melahirkan sekitar 2000 lukisan. Dan karya – karyanya pun telah dipamerkan di berbagai belahan dunia, seperti berbagai negara di benua Eropa, Asia, Amerika serta Australia.

yogyakarta-001

Museum Affandi | Sumber: affandi.org

Affandi lahir di Cirebon pada tahun 1907 dan meninggal pada tahun 1990. Beliau sendiri lah yang menjadikan rumahnya sebagai museum pada tahun 1962 guys. Museum yang berdiri diatas tanah seluas 3.500 meter persegi ini terdiri dari 4 galeri. Galeri pertama diresmikan oleh Dirjen Kebudayaan Prof. Ida Bagus Manta pada tahun 1974. Galeri ini memamerkan karya – karya di tahun awal masa karirnya hingga tahun terakhir masa hidupnya.

yogyakarta-002

Galeri 1 | Sumber: lamandala.net

Di galeri ini juga terdapat barang – barang yang erat dengan perjalanan hidup sang maestro, seperti mobil Mitsubisi Gallant 1975, sepeda, sendal jepit, ember, sarung, kain, kuas, kliping berita koran, foto-foto kenangan Affandi, termasuk pipa cangklong kesayangannya, dan masih banyak lagi.

yogyakarta-003

Mitsubisi Gallant 1975 | Sumber: nianasiti.com

Kemudian pada tahun 1988, galeri II di resmikan oleh Prof. Dr. Fuad Hassan yang merupakan  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia guys. Galeri ini terdiri dari 2 lantai, dimana lantai pertama berisi lukisan – lukisan yang bersifat abstrak. Dan lantai kedua berisi lukisan yang bercorak realis. Galeri ini pun memamerkan karya dari pelukis terkenal lainnya log guys, seperti Basuki Abdullah, Popo Iskandar, Hendra, Rusli, Fajar Sidik, S. Sujoyono, Barli, Wahdi S, Bagong Kusudiarjo, Mochtar Apin, dan pelukis lainnya.

yogyakarta-004

Galeri II | Sumber: usemayjourney.wordpress.com

Galeri III didirikan pada tahun 1997 oleh Yayasan Affandi dan diresmikan oleh Sri Sultan HB X pada tahun 2000. Galeri ini memerkan berbagai karya dari keluarga sang maestro, seperti  lukisan sulaman dari wol karya Maryati, istri Affandi. Juga lukisan – lukisan anak Affandi,  yaitu Kartika Affandi. Dan galeri IV memamerkan lukisan karya cucu sang maestro, yang bernama Didit.

yogyakarta-005

Galeri III | Sumber: welcometojogja.com

Di luar galeri I sebelah utara, terdapat rumah abadi (makam) sang maestro dan istrinya. Didekat galeri II dan III terdapat sanggar tempat belajar melukis loh, uniknya disini kamu bisa belajar melukis langsung menggunakan tangan, seperti cara melukis yang sering digunakan sang maestro semasa hidupnya. Wah, pastinya seru banget ya, kamu wajib banget mencobanya ketika datang kesini.

Di Yogyakarta kamu tidak hanya bisa berkunjung ke Museum Affandi ini, tapi banyak sekali tempat wisata di kota ini yang dapat kamu kunjung mulai dari wisata alam, wisata budaya dan yang lainnya. Nah, gak mungkin kan kalau kamu di sini hanya sehari saja, pastinya kamu juga harus menginap. Ada hotel yang menurut saya paling recommended untuk kamu, hotel ini hanya berjarak 1,5 kilometer dari Museum Affandi yaitu Grand Aston Yogyakarta.

yogyakarta-006

Grand Aston Yogyakarta | Sumber: aston-international.com

Kenapa sih saya merekomendasikan teman-teman untuk menginap di hotel Grand Aston Yogyakarta? salah satu alasannya yaitu karena hotel ini memiliki lokasi yang strategis, dimana hanya berjarak lima kilometer dari  Bandara Adi Sutjipto. Selain itu, hotel ini juga terletak di pusat kota dan dekat dengan pusat perbelanjaan, yang akan semakin memudahkan kamu pastinya.

Ya.. secara hotel ini hotel bintang lima ya bro sis, so pasti kamu bakal nyaman banget menginap disini karena berbagai fasilitas yang udah disediakan oleh manajemen hotel. Kamu dapat memilih satu dari 114 kamar yang berada di hotel ini, dengan tipe yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu. Adapun tipe – tipe kamar yang ada di hotel ini adalah Superior Room, Kamar Deluxe, Suite Room, dan Presindent Suite.

yogyakarta-007

Chinoseries Suite | Sumber: aston-international.com

yogyakarta-008

Chinoseries Suite Living Room | Sumber: aston-international.com

Adapun umumnya kamar – kamar di hotel ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti wifi, TV kabel, telepon, minibar, meja dan kursi, setrika, penimbang berat badan, hairdryer, dan fasilitas lain seperti hotel mewah pada umumnya. Satu lagi nih, ada yang perlu diperhatikan di kamar hotel ini guys, yaitu semua ruangan di hotel adalah non-smoking room, jadi jangan coba – coba merokok di dalam kamar ya.

 

Hotel ini pun menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung kenyamanan kamu, seperti Restoran Saffron yang menyediakan berbagai makanan lokal maupun internasional. Atau jika di Vanilla Sky kamu juga bisa bersantai sambil makan malam dibawah langit kota Jogja. Hmm, gimana..kece banget kan!

yogyakarta-009

Saffron Restaurant | Sumber: aston-international.com

yogyakarta-009a

Vanilla Sky Lounge | Sumber: aston-international.com

Selain itu, hotel ini juga menyediakan, bar, fasilitas bisnis, ballroom, kolam renang, pusat kebugaran, spa, dan fasilitas lainnya yang pastinya mewah dan keren banget 🙂

yogyakarta-009b

Kolam Renang | Sumber: aston-international.com

yogyakarta-009c

Ruang Rapat | Sumber: aston-international.com

Bagaimana? Pada tertarik gak nih staycation di hotel yang satu ini?

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

6 Comments

  • Evi September 12, 2016 at 1:19 pm

    Saya bolak-balik lewat di depan museum Affandi tapi belum sekali pun sempat masuk ke dalamnya. melihat foto-foto di atas jadi Nyesel kenapa kok gak ditempatin yah? Mudah-mudahan dan Insya Allah kalau ke Yogyakarta lagi akan masuk ke dalam 🙂

    Reply
  • Arman September 12, 2016 at 7:31 pm

    Di museum nya sampe ada sandal dan ember segala? Hehehe…

    Reply
  • evrinasp September 14, 2016 at 9:55 am

    wuidihhh hotel aston keren banget, betah deh nginep di situ lama-lama

    Reply
  • love from jogjaa September 19, 2016 at 12:56 pm

    Ha..jogja….kalau kesini kontak-kontak ya nanti tak temenin jalan-jalan…. 🙂

    Reply
  • Mugniar September 19, 2016 at 2:51 pm

    Ih gang kerennya hotelnya ….

    Reply
  • Samsul September 22, 2016 at 2:36 pm

    Jogjaaaaaaaa

    Reply

Leave a Comment