5 Makanan yang Dapat Menangkal Efek Negatif Hidangan Daging Qurban

5 Makanan yang Dapat Menangkal Efek Negatif Hidangan Daging Qurban

5 Makanan yang Dapat Menangkal Efek Negatif Hidangan Daging Qurban. Sebentar lagi hari raya Idul Adha akan dirayakan oleh semua umat Islam di dunia. Saat momen-momen hari raya Idul Adha atau hari raya qurban datang, hampir semua masyarakat muslim menyediakan kuliner serba daging, seperti daging unta, domba atau kambing dan juga sapi. Semua sajian berbahan dasar daging akan jadi menu andalan saat hari raya qurban nanti. Apalagi orang Indonesia yang tinggal di negara yang kaya akan bumbu ini akan menyajikan sajian-sajian berbahan dasar daging dengan bumbu-bumbu yang kaya dan gurih, seperti rendang, rawon, sate, gulai dan masih banyak lagi.

Saat Idul Adha tiba, rasanya Anda ingin makan semua hidangan berbahan daging yang sudah tersedia di meja makan, apalagi daging kambing yang memiliki cita rasa tinggi dan tentunya gizi yang tinggi, Anda rasanya ingin menyantap dengan lahap. Tetapi Anda juga harus memperhatikan sisi kesehatan Anda, jangan terlalu banyak makan daging kambing, karena akan berisiko bagi kesehatan. Dampak negatifnya antara lain kolesterol, tekanan darah yang tinggi. Meskipun begitu, bukan berarti Anda tidak diperbolehkan makan kambing. Untuk menangkal efek negatif hidangan Daging Qurban adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan pendamping berikut ini.

Almond

Almond adalah jenis kacang yang mengandung banyak nutrisi dan gizi. Banyak orang yang mengkonsumsi Almond untuk manfaat kecantikan maupun kesehatan. Salah satu manfaat mengkonsumsi Almond bagi kesehatan adalah menurunkan dan mengatur kadar kolesterol didalam tubuh. Almond yang kaya akan lemak tak jenuh akan menurunkan LDL yang berbahaya bagi tubuh dan mengingkatkan HDL. Selain itu, Almond juga mengatur tekanan darah agar tetap stabil. Oleh karena itu, baiknya Anda mengkonsumsi Almond setelah menyantap berbagai sajian daging saat Idul Adha.

Sambal Tomat

Selain meningkatkan nafsu makan, sambal tomat juga mempunyai manfaat bagi kesehatan. Manfaat mengkonsumsi sambal tomat dalam porsi yang tepat diantaranya adalah mencegah kanker, membuat jantung sehat dan bisa mengontrol gula darah. Sambal tomat bisa Anda sajikan berbarengan dengan Iga Bakar, Kambing Guling dan rawon. Pada rawon, biasanya sambal tomat diberi campuran toge karena keduanya memiliki khasiat kesehatan yang sama, yakni menurunkan kadar kolesterol dan menstabilkan tekanan darah.

Teh Tawar Hangat

Setelah seharian makan daging saat Idul Adha, ada baiknya Anda minum minuman seperti teh tawar hangat. Anda bisa menyeduh teh tawar hangat sebagai pendamping gulai atau sate. Anda bisa menyiapkan segelas teh tawar sebagai pelepas dahaga. Anda bisa memilih berbagai jenis teh, seperti teh hitam, teh putih maupun teh hijau. Segelas teh mengandung katekon yang bisa membersihkan tubuh dari kolesterol jahat.

Jus Jeruk

Tidak suka mengkonsumsi teh tawar dan ingin minum minuman segar untuk melepaskan dahaga? Anda bisa memilih jus jeruk untuk melepaskan dahaga seusai makan makanan daging saat Hari Raya Idul Adha. Anda bisa membuat minuman jus jeruk tanpa gula, selain itu bisa ditambahkan dengan lemon.

Acar Timun dan Bawang Merah

Anda suka makan sate kambing dan nasi goreng kambing? Anda tidak boleh melewatkan untuk mengkonsumsi acar bawang merah dan timun. Tak hanya sebagai menetralisasi pekatnya rasa daging pada sate, acar bisa membantu menetralisir kolesterol jahat pada olahan daging.

Beli Hewan Qurban Murah di Bukalapak?

Anda belum membeli hewan Qurban 2016? Yuk segera beli hewan qurban murah  di Bukalapak! Bukalapak berkolaborasi dengan ACT dan Global Qurban menyediakan hewan qurban seperti kambing, domba sapi dan unta dengan harga yang terjangkau.  Harga hewan qurban 2016 di Bukalapak sudah termasuk biaya operasional dan pendistribusian daging. Hewan Qurban yang Anda beli di Bukalapak nantinya akan didistribusikan ke tempat-tempat yang membutuhkan seperti Papua, Palestina, Libanon dan masih banyak lagi. Anda juga mendapatkan sertifikat penQurban dan laporan sebelum dan sesudah hewan qurban disembelih.

Asyik banget kan? Jadi tunggu apalagi? Mau berqurban dengan praktis, aman dan terpercaya? Beli hewan Qurban di Bukalapak aja!

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

20 Comments

  • baiqrosmala September 7, 2016 at 9:09 am

    saya penyuka daging kambing hihiii.. tapi emang apapun yang berlebihan pasti nggak baik ya mba.. thank you infonyaaa

    Reply
    • Nanang budi November 5, 2016 at 6:45 am

      Saya suka kambing, tapi g suka dagingnya, karena saya suka kambing ya gimana lagi saya harus menerimanya apa adanya termasuk dagingnya, jadi kesimpulannya saya suka kambing dan dagingnya 🙂 kreatifitas 😀

      Reply
  • Junita Siregar September 8, 2016 at 4:21 am

    yah MaK, tahun ini saya tidak bisa menikmati daging qurban. Disini nggak ada penyembelihan hanya ada sholatnya aja. Tapi kalo makanan penangkalnya sih Banyak…hehehheheheh

    Reply
  • April Hamsa September 8, 2016 at 2:31 pm

    Hehehehe siap “pesta daging”. Noted mbak 😀

    Reply
  • retno September 8, 2016 at 2:50 pm

    Wah, berarti orang jaman dulu pencipta resep rawon udah canggih ya…rawonnya pakai kecambah/taoge segar yang ternyata ada manfaatnya, mungkin experience based ya….

    Reply
  • enas nasrudin September 13, 2016 at 10:37 pm

    sepertinya saya agak telat mengetahui info ini, tapi thx infonya, siang ini harus minum jus jeruk dan teh sepertinya..

    Reply
  • Heni Puspita September 14, 2016 at 12:16 am

    Jd inget dah lama ga bikin stok acar. Makan yg berlemak kyk rendang berasa lbh nyaman kalau sedia acar di rumah. Klo males bikin sambel tomat, kykny makan langsung irisan tomatnya aja kali ya hehe.

    Reply
  • Dzulfikar September 19, 2016 at 5:15 pm

    Daging kambing abis qurban kmrn mash banyak di freezer,,, keknya tiap wiken saya jadi nyate mulu nih hahaha

    Reply
  • belalang cerewet September 22, 2016 at 5:37 am

    Saya pilih teh tawar aja, memang top itu. Sempat nyicipin semur daging yang lembut dari tetangga.
    Memang benar, kurban lewat bukalapak via ACT sangat terjangkau. Cepat pula prosesnya. Jangkauan distribusinya hingga ke luar negeri, jadi ga menumpuk di tanah air.

    Reply
  • Nutrisi September 22, 2016 at 5:42 am

    Biasanya sih kalo dirumah suka nyiapin bawang yang banyak, biar gak tepar kalo kebanyakan makan daging.

    Reply
  • evrinasp September 26, 2016 at 1:28 am

    paling banter itu acar timun dan bawang merah, kalau ad aplus jeruk juga, tapi aku pas qurban kemarin malah makan mie rebus hehe

    Reply
  • Yasinta Astuti September 26, 2016 at 2:33 pm

    Acar timun dan bawang merah aku suka banget dan gampang banget bikinnya ehehhe

    Reply
  • Rumah Kosakata November 3, 2016 at 2:11 pm

    Harus nunggu satu tahun buat mempraktekan ini . hahaha

    Reply
  • Japanesian November 4, 2016 at 1:30 pm

    saya kurang terlalu suka daging kambing tp ketika di negara perantauan jadi kangen makan kambing. btw makasih infonya ya mbak. sangat bermanfaat banget

    Reply
  • Oncom man November 4, 2016 at 2:32 pm

    makan makan makan aja ga tau efek samping setelahnya begitupun dengan acar timunnya haha, ternyata sebagai penangkal nya yah 🙂

    Reply
  • Muhammad Asyrof November 5, 2016 at 2:46 am

    Lagi pesta daging ni,, walaupun qurban dah lewat. Trimakasih tipsnya mba…

    Reply
  • AfikRubik November 5, 2016 at 5:57 am

    Kalo saya biasanya makan timun untuk menangkal efek negatif daging. Selain makan daging pun biasanya saya makan timun ini kalo gak ada sayuran

    Reply
  • nanangri November 5, 2016 at 6:55 am

    wah ini nih,, sangat bermanfaaat untuk mencegah darah tinggi
    langsung bisa di netralisir

    Reply
  • masbidin November 6, 2016 at 7:20 am

    kalau acar timun dan bawang merah biasanya udah sedia pas makan sate, jadi tinggal nambah pengkal yang lain, makasih infonya mbak

    Reply
  • Hendra November 14, 2016 at 12:52 am

    tahun depan baru praktik ini hahaha

    Reply

Leave a Comment