Menikmati Wisata Alam di Sukabumi

Tips merawat kulkasagar tidak mudah rusak(1)

Menikmati Wisata Alam di Sukabumi. Sukabumi, merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi Jawa Barat, tepatnya berada di kaki Gunung Gede Pangrango dengan ketinggian 584 mdpl. Jarak kota Sukabumi kurang lebih 120 kilometer jika ditempuh dari kota Jakarta dan sekitar 100 kilometer jika ditempuh dari kota Bandung. Kota Sukabumi akhir-akhir ini semakin menjadi daya tarik para pelancong, tentunya menyimpan banyak destinasi wisata yang bisa membuat kamu kagum serta sangat ingin datang ke kota ini. Berikut beberapa tempat wisata di Sukabumi yang bisa kamu kunjungi :

Curug Cirajeg

sukabumi-001

sumber: indonesia.merahputih.com

Curug ini berada di Dusun Cirajeg tepatnya di Desa Negalasari, Kecamatan Purabaya. Waktu yang diperlukan untuk bisa sampai curug ini kurang lebih sekitar 1-2 jam dari pusat kota. Kalau kamu ingin ke Curug Cirajeg, kamu bisa berkendara dari Sukabumi menuju daerah Sagaranten, kemudian melewati permukiman warga setempat dan perkebunan. Nah, saat kamu melewati perkebunan kondisi jalannya akan sedikit kurang bagus. Dari perkebunan kamu harus melanjutkan perjalanan ke Neglasari.

Curug Cirajeg sendiri adalah salah satu curug yang lokasi tempat berada di tengah-tengah area sawah yang luas. Sehingga kamu akan menemukan keindahan alam yang sangat kontras antara curug dan sawahnya.

Air Terjun Sodong

sukabumi-002

sumber: inisukabumi.com

Air terjun yang terletak di Sukabumi tepatnya di Desa Ciwaru ini merupakah objek wisata alam Sukabumi yang sangat ramai dikunjungi. Kecantikan alamnya menjadi salah satu daya tarik pengunjung untuk datang dan menikmati kesegaran alam serta air terjunnya. Ditambah lagi dengan akses menuju air terjun yang tidak begitu sulit maka semakin membuat para pengunjung sangat tertarik tentunya. Tidak jarang juga pengunjung yang datang ke lokasi air terjun sambil melakukan aktivitas camping.

Oh iya, tapi kamu juga harus hati-hati ya ketika mengunjung Air Terjun Sodong ini apalagi jika ingin berenang di kolam air terjunnya, karena kontur tanah dasar kolam yang tidak begitu landai dan juga derasnya air terjun akan membuat sedikit sulit untuk berenang ke permukaan seperti saat dahulu ada sepasang remaja yang tenggelam ketika berenang di Air Terjun Sodong.

Puncak Darma

sukabumi-003

sumber: panoramio.com

Puncak yang berlokasi di Desa Girimukti ini mempunyai ketinggian 230 mdpl. Untuk bisa sampai di tempat ini kamu harus menempuh perjalanan selama 2 jam. Selama perjalanan menuju puncak, kamu akan diberikan suguhan pemandangan desa, hijaunya pepohonan, perkebunan kunyit, cengkeh dan lengkuas. Percayalah kamu tidak akan bosan ketika melakukan pendakian menuju Puncak Darma.

Menurut warga sekitar, di kawasan curug ini sering terlihat kuntilanak sedang duduk dengan kaki digoyang-goyangkan di atas batu. Nah, kaki yang digoyang-goyangkan ini disebut dengan isitlah “Dharma”. Sehingga tidak heran kalau warga sekitar ada yang menyebutnya Bukit Kuntilanank.

Curug Cimarinjung

sukabumi-004

sumber: zonaliburan.com

Curug yang mempunyai tinggi hingga 45 meter ini lokasinya ada di Desa Ciemas. Saat memasuki kawasan desa, kamu sudah bisa melihat curugnya dari kejauhan. Perjalanan yang harus kamu tempuh dari pintu masuk desa hingga curug bisa menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit, dengan mengikuti jalan setapak. Selama perjalanan menuju curug bisa mendengar suara air yang sangat dekat, sehingga bisa membuat kamu tidak sabar ingin cepat-cepat sampai di curug.

Saat sampai di lokasi kamu akan terpesona dengan eksotisnya curug, apalagi ketika melihat jatuhnya aliran air menuju kolamnya. Kamu juga akan semakin terpesona dengan tebing berwarna merah yang dihiasi tumbuhan hijau menempel di bebatuannya, sehingga kesan alamnya akan semakin terasa.

Tidak hanya sampai di situ, kamu juga bisa melihat pemandangan 2 bongkah batu dengan ukuran cukup besar yang menjadi pengapit aliran air terjun sebelum akhirnya bisa mencapai kolam. Di lokasi air terjun ini memang tidak akan ditemukan sebuah penginapan yang dibangun khusus untuk wisatawan. Tapi, banyak sekali rumah warga yang siap disewakan jika kamu ingin mengunjungi Air Terjun Cimarinjung.

Situ Gunung

sukabumi-005

sumber: club.iyaa.com

Situ Gunung adalah nama dari sebuah danau yang lokasinya ada di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Jika ditempuh dari pusat kota, kamu harus menempuh jarak 16 km. Saat memasuki kawasan Situ Gunung, kamu akan merasakan kesegaran alam serta keheningan yang membuat tenang. Tidak akan ada suara kendaraan atau klakson kendaraan yang ada hanyalah suara burung dan alamnya.Jika dilihat secara sekilas situ ini sangat mirip dengan telaga menjer di wonosobo, salah satu danau yang dikeliling oleh bukit.

Untuk bisa masuk ke situ ini, kamu harus membayar Rp32.500, selain itu juga bagi mereka yang ingin bermalam di lokasi ini, bisa menyewa villa dengan harga Rp400.000.

Itulah beberapa objek wisata alam Sukabumi yang bisa kamu kunjungi. Untuk kamu yang datang dari luar kota tidak perlu khawatir, jika kamu tidak memiliki kerabat di Sukabumi untuk digunakan sebagai tempat menginap, kamu bisa mencari hotel di Sukabumi. Tenang saja, hotel-hotel tersebut memiliki harga yang beragam, jadi kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi keuangan kamu pastinya.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

11 Comments

  • Mukhsin Pro August 25, 2016 at 4:02 pm

    Paling keren itu Curug Cimarinjung, jadi pengen berenang kesana.

    Reply
  • NLP Surabaya August 29, 2016 at 6:29 am

    Keduaxxx … wisata alamnya sangat keren di sukabumi

    Reply
  • Alvi August 29, 2016 at 11:42 pm

    Ternyata wisata alam Sukabumi keren2 ya? saya suka banget foto Curug Cirajegnya…

    Reply
  • Dee - @HEYDEERAHMA August 30, 2016 at 4:09 am

    Cantiknya pemandangan dari Puncak Darma!

    Reply
  • Berita Menarik August 30, 2016 at 10:53 pm

    Bisa menjadi tempat liburan petualangan alternatif di alam yang asri gaya gini enak sekali ya Mba

    Reply
  • iwcaksono August 31, 2016 at 4:03 am

    dari sekian banyak itu, baru situ gunung yang udah pernah kujamah, heuheuheu

    Reply
  • cumilebay September 3, 2016 at 1:50 pm

    Eh kok gw baru tau curu8g cirajeg yaaaa ??? kayak nya perlu kesana manja
    tapi kalo di liat2 kok yaaa mirip2 curug cigangsa di ujunggenteng

    Reply
  • Frutablend September 12, 2016 at 4:33 pm

    Pemandangan dari puncak darma sama Curug Cimarinjung bikin ngiler, pengen langsung nyusul,

    Reply
  • Pulau tidung September 14, 2016 at 10:35 am

    Ok banget memang, aku pernah ke situ gunung. Memang pemandangannya luar biasa.

    Reply
  • reza September 14, 2016 at 11:19 am

    Ada yg mau ke sukabumi rame2 september ini? Saya join ya… email reza.andrisandi(at)yahoo(dot)com

    Reply
  • The Gold Asia September 21, 2016 at 3:30 am

    Situ gunung destinasi wajib yang harus dikunjungi sepertinya *cool*

    Reply

Leave a Comment