Tips Merawat Kulkas Agar Tidak Mudah Rusak

Tips merawat kulkasagar tidak mudah rusak

Tips Merawat Kulkas Agar Tidak Mudah Rusak. Kulkas selalu menjadi tempat penyimpanan yang berperan besar bagi dapur Anda. Selain untuk menyimpan buah dan sayuran yang bersih serta segar, kulkas juga dapat menyimpan jenis makanan lainnya seperti cake atau bahkan bumbu dapur. Pemakaian kulkas yang terus menerus tentu akan membuat fungsi kulkas tersebut menurun. Oleh karena itu, sudah seharusnya Anda memperhatikan beberapa tips berikut untuk menjaga agar kulkas Anda tetap awet bahkan sampai berpuluh tahun mendatang.

 

Semua orang tentu mendambakan kulkas yang awet dan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Untuk mendapatkan hal tersebut, tentu saja kita harus mengetahui dengan baik apa saja yang perlu dilakukan agar kulkas yang kita miliki tidak mudah rusak. Adapun tips merawat kulkas agar tidak mudah rusak adalah sebagai berikut:

service-kulkas

Hindari Membiarkan Kulkas Kosong

Menyimpan terlalu banyak bahan makanan dalam kulkas merupakan hal yang tidak baik, sebab dapat membuat kulkas Anda kotor dan rusak. Namun, membiarkan kulkas Anda dalam keadaan kosong pun bukan merupakan hal yang baik juga, hal ini akan membuat mesin kulkas bekerja lebih ekstra untuk menjaga suhu idealnya. Oleh karena itu, lebih bijaklah dalam menggunakan kulkas yaitu dengan tidak menumpuk terlalu banyak bahan makanan dan tidak pula membiarkannya kosong dalam waktu lama. Penggunaan yang tepat tentu akan menjadikan kulkas yang dimiliki pun tidak mudah rusak.

Atur Suhu Kulkas

Menjaga suhu kulkas merupakan hal penting dalam soal merawat kulkas. Jangan menghidupkan kulkas dengan suhu yang terlalu dingin, hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin kulkas. Disarankan agar kulkas tetap berada pada suhu 0-4°C. Sedangkan untuk freezer idealnya bersuhu di bawah 0°C.

Perhatikan Peletakkan Kulkas

Berikan jarak antara kulkas dengan dinding bangunan. Adapun jarak yang ideal adalah 10cm hingga 15cm. Sedangkan, jarak dengan langit-langit adalah 30 cm. Mengapa demikian? Ini karena kulkas umumnya mengeluarkan hawa yang panas dan apabila udara sekitarnya tidak dapat bersilkulasi dengan baik, maka akan mempersulit mesin kulkas dalam mempertahankan suhu rendahnya.

Minimalisasi Buka Tutup Pintu Kulkas

Setiap kulkas yang terbuka selama 30 detik akan membutuhkan waktu hingga 30 menit untuk mengembalikan suhu dalam kulkas seperti semula ketika tertutup. Proses ini tentunya membuat biaya listrik menjadi lebih mahal.

Bersihkan Seluruh Bagian Kulkas secara Berkala

Kulkas dari berbagai merk, mulai dari kulkas Sharp, kulkas LG, kulkas Samsung, Kulkas Panasonic, dan kulkas Toshiba pastinya memiliki fungsi yang sama. Namun, jika kulkas tersebut tidak dibersihkan secara menyeluruh dan berkala, tentu saja akan berujung pada kerusakan. Membersihkan kulkas acapkali menjadi permasalahan besar bagi Anda yang tak memiliki waktu luang, sehingga jasa service kulkas menjadi solusi terbaik untuk membantu merawat kulkas Anda.

Seiring perkembangan zaman, kini Anda tak perlu repot lagi mencari jasa service kulkas, karena telah terdapat platform service marketplace yang menawarkan berbagai macam jasa, yaitu Sejasa.com. Anda dapat memilih penyedia jasa yang sesuai dengan budget dan dekat dengan lokasi tempat tinggal Anda dengan cara yang mudah.

sejasa-andyhardiyanti

Kunjungi Sejasa.com kemudian isi form request service kulkas dan jelaskan dengan detail kebutuhan Anda. Lalu, Anda akan mendapatkan respon berupa estimasi harga dari beberapa penyedia jasa. Anda juga dapat membaca review yang diberikan oleh para customer dari Sejasa.com yang telah menggunakan jasa tersebut dan juga melihat hasil pekerjaan berupa portfolio di halaman business profile. Sistem yang diberikan oleh Sejasa.com, tentunya akan membuat Anda yakin untuk memilih penyedia jasa yang sesuai dengan budget Anda!

Jadi, yuk biasakan merawat kulkas yang Anda miliki di rumah 🙂

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

8 Comments

  • Nathalia DP July 1, 2016 at 12:18 am

    Waa bs ya bersihin kulkas lewat sejasa… Soalny saya males bgt bersihin kulkas :))

    Reply
    • andyhardiyanti July 20, 2016 at 3:53 pm

      Wkwkwkwkwk iya mbak.
      Udah repot keluarin isinya satu-satu, bersihkan satu-satu..terus dirapikan pula.
      Repot! 😀

      Reply
  • Evi July 1, 2016 at 1:43 am

    Jadi ingat di rumah saya kulkas minta dibersihkan. Sudah banyak banget yang harus dibuang karena selama puasa banyak makanan mubazir 🙂

    Reply
    • andyhardiyanti July 20, 2016 at 3:54 pm

      Sama mbak. Keseringan naruh makanan di kulkas. Eh..kulkasnya jadi kepenuhan deh dan ternyata memang banyak yang harus dibuang 🙁

      Reply
  • Mukhsin Pro July 3, 2016 at 12:07 am

    Di rumahnya saya ada banyak kulkas soalnya usaha es batu, Makasih udah berbagi tipsnya kak.

    Reply
    • andyhardiyanti July 20, 2016 at 3:55 pm

      Wohooooo..saya kaget duluan baca Mukhsin punya banyak kulkas 😀
      Usaha es batu toh ternyata~

      Reply
  • Dinata Firmansyah July 13, 2016 at 8:15 am

    Wah tips ini cocok buat ibu saya biar kulkasnya gak rusak mulu.. 😀

    Reply
    • andyhardiyanti July 20, 2016 at 3:55 pm

      Hihihihi iya nih. Alhamdulillah tulisannya bermanfaat 🙂

      Reply

Leave a Comment