7 Hal yang Ngetrend (Lagi) dari Film Ada Apa Dengan Cinta

aadc-001

7 Hal yang Ngetrend (Lagi) dari Film Ada Apa Dengan Cinta. Mungkin masih terbayang di benak kita, film Ada Apa Dengan Cinta yang tayang di tahun 2002, yang konon menjadi penanda bangkitnya dunia perfilman Indonesia. Film tentang kisah persahabatan dan (oops) percintaan anak SMA yang dikemas dengan sentuhan seni sastra dengan sejumlah pemain kenamaan seperti Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra yang menjadikan film ini kian menarik. Salah satu film terlaris dalam sejarah perfilman Indonesia ini pada akhir bulan April 2016 lalu menayangkan sekuelnya yang bertajuk Ada Apa Dengan Cinta 2 serentak di seluruh bioskop Indonesia dan beberapa negara tetangga. Dari film pertama dan sekuelnya tersebut, ada beberapa hal yang rupanya kembali menjadi trend di kalangan masyarakat. Apa saja? Disimak yuk.

1. Nama Rangga dan Cinta

aadc

Masih pada ingat gak dulu kalau banyak anak yang lahir sekitar tahun tayangnya film Ada Apa dengan Cinta yang dikasih nama Rangga dan Cinta. Atau gini deh, ini dedek dedek pelajar SMP (eh udah boleh nonton gak ya anak SMP?) yang udah nonton film Ada Apa dengan Cinta ada yang namanya Rangga apa Cinta gitu gak? Saya ingat banget dulu ada tetangga yang lahiran di tahun 2002 terus anaknya dikasih nama Cinta dong! πŸ˜€ Ya mirip-mirip sama trend nama Pasha pas grup band Ungu lagi booming-boomingnya. Tebakan saya nih, tahun 2016 juga bakalan gitu. Para bumil (ibu hamil) pada baper sama film Ada Apa dengan Cinta terus pas lahiran kalau si anak cewek dikasih nama Cinta, kalau cowok ya Rangga πŸ˜€

2. Buku Aku dan Tidak Ada New York Hari Ini

aadc-004

Siapa sangka buku berjudul AKU langsung digemari banyak orang pada tahun 2002 lalu dimana film Ada Apa dengan Cinta sedang booming. Entah bukunya dibaca atau tidak, yang penting “punya” dulu. Hayo ngaku, siapa yang usai menonton film Ada Apa dengan Cinta dulu langsung hunting buku dengan sampul berwarna abu-abu ini? Saya salah satunya. Buku AKU saya dapatkan di sebuah toko buku tempo dulu di kota Makassar, bukan mau berlagak ala ala Kwitang, tapi ya memang di toko buku modern tidak saya temukan. Mungkin sudah kehabisan.

Pada film Ada Apa dengan Cinta 2 sekarang hal tersebut jadi trend lagi. Kalau dulu buku berjudul AKU, maka sekarang trendnya buku kumpulan puisi berjudul “Tidak Ada New York Hari Ini”. Meskipun tidak ada adegan Rangga yang lagi serius membaca buku kumpulan puisi ini, ataukah Cinta yang penasaran pengen punya buku ini juga tapi tetap saja jadi trend. Buku “Tidak Ada New York Hari Ini” merupakan kumpulan puisi karya M. Aan Mansyur, yang mana puisi-puisinya tersebut digunakan dalam film Ada Apa dengan Cinta 2. Puisi-puisi yang ditulisnya sukses bikin pembacanya baper. Dan ya, belakangan bukunya ramai menghiasi timeline media sosial karena selain isinya menarik, sampul bukunyapun instagramable banget! πŸ˜€

Kemudian saya membayangkan gimana seandainya di zaman film pertama Ada Apa dengan Cinta dulu sudah ada yang namanya instagram. Hehehehe

3. Kecintaan Pada Karya Seni

aadc-002

Puisi menjadi sebuah karya seni yang sangat berperan dalam film Ada Apa dengan Cinta di tahun 2002 lalu. Secara mendadak, banyak orang kemudian menjadi puitis, senang membaca puisi, senang menulis puisi, pun menikmati puisi. Sejumlah tulisan pun menyebutkan bahwa film Ada Apa dengan Cinta pada waktu itu telah memberikan dampak yang besar bagi dunia seni sastra. Dan hal tersebut terulang lagi, bedanya ada tambahan kesenian yang ditampilkan pada film Ada Apa dengan Cinta 2, yaitu seni rupa. Setelah ini mungkin akan banyak orang yang senang mengunjungi pameran seni rupa biar aura “Cinta”nya makin terasa *ihik.

4. Seru-seruan Ala Geng Cinta

aadc-003

Dari zaman SMA udah punya geng. Ikutan ekskul yang sama, nonton konser musik bareng, ke mana pun selalu bersama. Terus anggota gengnya pun punya macam-macam karakter. Ada yang pintar, tenang, lemot, sporty, pokoknya komplit dah! Hal yang macam gini sebenarnya sebelum film Ada Apa dengan Cinta tayang pun sudah ngetrend banget di kalangan remaja sekolah. Tapi sepertinya dengan adanya film tersebut, kegiatan seru-seruan bareng teman satu geng pun makin ramai dilakukan remaja sekolah belakangan ini. Belum lagi setelah film Ada Apa dengan Cinta 2 tayang akhir April kemarin. Fenomena liburan bareng teman satu geng bakal jadi trend deh, liburan ke Jogja mungkin (?).

5. Pakai Gelang Ala Cinta dan Teman-temannya

aadc-002

Meskipun (mungkin) banyak yang gak perhatikan, tapi gelang ini sempat jadi trend juga di kalangan remaja. Pakai satu, dua atau lebih gelang dengan model sederhana biar ala ala Cinta gitu. Foto di bagian atas itu menampilkan tangan Cinta dan teman-temannya pas pada ngumpul bareng di rumah Cinta. Perhatikan deh gelangnya πŸ˜‰ Nah kalau yang di bawah itu, foto Cinta di film Ada Apa dengan Cinta 2. Sama-sama pakai gelang numpuk-numpuk kan? πŸ˜€

6. Berlagak Ala Rangga dan Cinta

aadc-005

Tebak-tebakan yuk, dalam beberapa waktu ke depan bakal banyak nih cowok-cowok yang berubah jadi Rangga pun cewek-cewek yang menjelma bak Cinta πŸ˜€ Layaknya film Ada Apa dengan Cinta dulu, yang berhasil merubah pembawaan para cowok jadi sok dingin,sinis dan jutek gitu. Belum lagi kalau jadi lebih sering diam, menyendiri, rambut dibiarin gondrong dan suka baca buku sastra. Kemudian cewek-cewek yang bawaannya jadi suka heboh bareng teman, bimbangan banget dan sering gak jelas. Yang sering gak jelas ini kayaknya cewek kemana-mana walau gak nonton film Ada Apa dengan Cinta emang gitu kali ya? πŸ˜€

Setelah 14 tahun berlalu dan cewek cowok tipikal Rangga Cinta menghilang dengan sendirinya dan kembali menjalani kehidupan normalnya #apaansih, maka ketika film Ada Apa dengan Cinta 2 tayang di bioskop, fenoma tersebut bakal jadi trend lagi. Baik oleh bapak-bapak dan emak-emak yang jadi penonton film Ada Apa dengan Cinta dulu ataupun adek-adek remaja lucu yang baru kali melihat yang namanya Rangga dan Cinta.

7. Standar Tipe Cewek dan Cowok Impian

aadc-006

Seiring dengan berubahnya pembawaan mereka “para penonton” jadi ala ala Rangga dan Cinta tadi, maka berubah pula bayangan pasangan impian mereka. Dimana penonton cewek jadi ngebayangin punya pasangan seperti Rangga. Yang cakep tiada tara pun punya sikap dingin, jutek tapi kalau sudah senyum sukses bikin jantung berhenti berdetak #apaansih #okeyanginilebay. Tapi tetap aja mereka gak membayangkan gimana rasanya gitu ditinggal 14 tahun tanpa kabar, terus tiba-tiba datang menanyakan cinta. Bangun woy..bangun.. πŸ˜€

Demikian pula dengan penonton cowok, yang menjadikan Cinta sebagai tipe cewek impiannya. Cantik, gaul dan periang banget. Yang lagi lagi mereka lupa kalau Cinta itu bimbang dan gak jelasnya keterlaluan πŸ˜€ Yakin mau yang kayak gini? Hehehehe.

Jadi itu dia 7 Hal yang Ngetrend (Lagi) dari Film Ada Apa Dengan Cinta. Buat yang belum nonton film pertamanya, nonton dulu gih biar nyambung sama isi tulisan di atas. Buat yang belum nonton film Ada Apa dengan Cinta 2, yang sabar yaa nunggu antriannya πŸ˜‰ Sambil ngantri bisa banget nonton film yang lain dulu kayak Captain America: Civil War ataupun film Kalam Kalam Langit.

Oh iya, menurut teman-teman gimana? Ada yang mau ditambahkan? Hal yang ngetrend di film Ada Apa dengan Cinta yang pertama sekaligus ada pula pada sekuelnya yang tayang baru-baru ini. Kalau ada, tulis di kolom komentar ya πŸ˜‰

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

22 Comments

  • @kakdidik13 May 8, 2016 at 12:36 pm

    Aku belum nonton film #AADC2 seperti apa ya?

    Reply
    • andyhardiyanti May 8, 2016 at 4:50 pm

      Seperti itulah Mas Didik πŸ˜€
      Ayokk ditonton dulu mas hehehehe

      Reply
  • Mukhsin Pro May 8, 2016 at 2:10 pm

    Hehehehe.. Setelah noton film ini gue jadi bermimpi pengen jadi Rangga. πŸ˜€

    Reply
    • andyhardiyanti May 8, 2016 at 4:50 pm

      Wkwkwkwkw..
      Semoga mimpinya segera terwujud yakk πŸ˜€ πŸ˜€

      Reply
  • Dewa Laut Jakarta May 8, 2016 at 5:28 pm

    Saya termasuk orang yang penasaran dengan buku ‘Aku’. Nggak beli sih, numpang baca bukunya di toko buku????

    Reply
  • Dwi (nining) May 9, 2016 at 12:24 am

    Buahahaha lagak ala Rangga, dijeburin aja kalo sampe ada yg kek gt. Ngilang bikin PHP anak orang, duh! πŸ˜€

    Reply
    • andyhardiyanti May 11, 2016 at 2:34 pm

      Jangan lihat ngilangnya kakak… lihat puitis dan cakepnya wkwkwkwkw πŸ˜€

      Reply
  • Akhdan Baihaqi May 9, 2016 at 1:44 am

    pengen nonton aadc tapi belum keturutan, hehe.. sudah keluar belum ya Moviesnya. kalau ada tolong share linknya download. thanks

    Reply
    • andyhardiyanti May 11, 2016 at 2:33 pm

      Jiahhhh..share link download -_-
      saya gak punya yang gituan kakak~

      Reply
  • Lidya May 9, 2016 at 3:20 am

    kaya gimana tuh mbak bukunya tidak ada new york hari ini? hehehe ketauan aku belum nonton filmnya

    Reply
  • Arman May 9, 2016 at 3:44 am

    Iya kayaknya dulu emang nama cinta jadi terkenal ya. Tp gw gak pernah tau kalo ada yg sampe nyari buku aku gara gara nonton aadc. Hahaha

    Reply
    • andyhardiyanti May 11, 2016 at 1:15 am

      Wkwkwkwk iya Man. Langsung tibatiba ada aja yang namanya Cinta. Buku? Kalau di LA emang jarang kali ya?
      Eh, 2002 Arman udah pindah ke LA apa belum yak?

      Reply
  • Pakde Cholik May 9, 2016 at 4:27 am

    Salut atas kecermatannya
    Terima kasih ulasannya
    Salam hangat dari Surabaya

    Reply
    • andyhardiyanti May 11, 2016 at 1:14 am

      Terima kasih Pakde ^_^
      Senang sekali Pakde sempat berkunjung kemari.

      Reply
  • evrinasp May 10, 2016 at 10:45 pm

    duhhh piye iki yo, aku sampai sekarang belum nonton, waktunya belum pas euy

    Reply
    • andyhardiyanti May 11, 2016 at 1:05 am

      Duh…kemarin di Mataram gak sempat ngeAADC2 yakk. Pada tepar semua πŸ˜€ πŸ˜€

      Reply
  • Anne Adzkia May 10, 2016 at 11:56 pm

    Kebayang deh kalo yang niru2 ala Rangga ini bukan anak muda, tapi bapak2. Hahaha

    Reply
    • andyhardiyanti May 11, 2016 at 1:04 am

      Wkwkwkwkwk.. Langsung gak cucok yee~
      Rangga mah udah 14 tahun masih teteup kece πŸ˜€ πŸ˜€

      Reply
  • Ratna Dewi May 11, 2016 at 1:29 pm

    Kayaknya tren cowok cool puitis muncul lagi nih ya. Cowok-cowok humoris macam komika wajib hati-hati nih diganti sama tren Rangga, hahaha.

    Reply
    • andyhardiyanti May 11, 2016 at 2:16 pm

      Wkwkwkwkw..nah lho~
      Siap-siap deh timeline media sosial bakal ramai sama status-status puitis πŸ˜€

      Reply

Leave a Comment