Saweran Sosial, Cara Asyik Melakukan Aksi Sosial di Dunia Digital

saweran-sosial-001

Saweran Sosial, Cara Asyik Melakukan Aksi Sosial di Dunia Digital. Ada banyak sekali kegiatan sosial yang sebenarnya berada di sekitar kita. Sebagai makhluk sosial, bagaimanapun kita akan dihadapkan pada situasi saling membutuhkan. Hari ini mungkin orang membutuhkan uluran tangan kita dan tidak menutup kemungkinan suatu saat kita akan berada di posisi mereka. Sayangnya tidak semua orang bisa terjun langsung untuk melakukan aksi sosial. Dimana ada yang terbentur dengan waktu, ada pula dengan biaya. Padahal di dunia digital seperti sekarang, rasanya hampir semua hal bisa dilakukan melalui internet. Termasuk untuk urusan kegiatan sosial. Kita bisa memberikan bantuan bagi korban bencana alam, bantuan pengobatan bagi mereka yang membutuhkan hingga bantuan pendidikan bagi mereka yang harus putus sekolah akibat minim biaya. Ya, bantuan tersebut bisa disalurkan salah satunya lewat Saweran Sosial.

Saweran Sosial, apa itu?

saweran-sosial-002

Kata saweran selama ini identik dengan pentas panggung dangdut yang sering kali mengandung aksi ‘nyawer’ yang dilakukan oleh para penonton saat ingin ikut bergoyang di panggung bersama para penyanyi. Padahal saweran sebenarnya adalah sesuatu yang positif dan merupakan bagian dari budaya tolong menolong yang ada di masyarakat kita. Sebagai contoh, saat membangun fasilitas umum seperti masjid, jembatan maupun sekolah yang ada di desa yang dilakukan oleh masyarakat adalah melakukan saweran, baik dalam bentuk uang tunai maupun menyumbangkan bahan-bahan bangunan yang diperlukan. Dari sini terlihat bahwa setiap individu turut memberikan sumbangsihnya, sehingga sikap gotong royong itu benar-benar terlihat.

Lalu, apa itu Saweran Sosial? Saweran Sosial  atau SS adalah sebuah platform fundraising berbasis website. Platform ini dibuat dengan tujuan untuk memudahkan para relawan maupun komunitas dalam melakukan penggalangan dana. Selain itu juga untuk memberikan kemudahan bagi mereka setiap individu yang ingin turut memberi bantuan pada setiap kegiatan-kegiatan sosial yang ada. Siapapun bisa turut menyumbang dikarenakan minimum donasi yang ditetapkan terbilang terjangkau yaitu sebesar Rp10.000,- Saweran Sosial merupakan bagian dari program aksi sosial yang berada di bawah naungan Sekolah Relawan, sebuah lembaga sosial kemanusiaan yang fokus pada edukasi kerelawanan serta pemberdayaan masyarakat sebagai wujud aksi nyata kerelawanan. Sebagai sebuah website yang menjalankan strategi fundraising, selain bisa diakses melalui situs resminya Saweran Sosial juga memiliki kantor fisik yang dapat dikunjungi di Depok, yaitu tepatnya di Jalan Sulawesi No.3.

Saweran untuk Berbagai Aksi Sosial

saweran-sosial-003

Crowdfunding merupakan istilah mengenai praktik penggalangan dana dari sejumlah besar orang untuk memodali suatu proyek atau usaha yang umumnya dilakukan melalui internet. Konsep crowfunding tersebut diterapkan oleh Saweran Sosial namun dibatasi hanya dalam lingkup yang berkaitan dengan aksi sosial. Saat ini sedang berjalan beberapa project/aksi sosial pada situs Saweran Sosial. Aksi-aksi sosial yang dapat diberikan bantuan tersebut diantaranya yaitu:

  • Bantuan modal usaha bagi Bu Deni (seorang korban Gempa Padang) untuk berjualan sate
  • Bantuan membangun sekolah di hutan Sumbermiri
  • Bantuan terapi pengobatan bagi Pak Hendi yang sedang mengidap tumor ganas
  • Bantuan membeli susu khusus bagi Haura yang sedang menderita gangguan pada tenggorokan dan organ tubuh bagian dalamnya, sehingga tidak dapat makan dan minum seperti anak pada umumnya.

Setiap project/aksi yang ditampilkan sudah memuat informasi lebih lengkapnya masing-masing. Termasuk berapa target dana yang dikumpulkan serta sampai kapan campaign berlangsung. Di samping itu, dicantumkan pula perkembangan jumlah dana yang masuk pada setiap campaign tersebut.

Ikut Berdonasi Lewat Saweran Sosial

saweran-sosial-004

Mau melakukan aksi sosial tapi tidak sempat? Mau memberikan sumbangan tapi keuangan sedang sekarat? 😀 Lewat program Saweran Sosial teman-teman bisa melakukan itu semua. Melakukan aksi sosial dengan membantu mengumpulkan bantuan dana bagi mereka yang membutuhkan. Serunya lagi, teman-teman bisa melakukan donasi mulai dari nominal Rp10.000,-. Adapun cara melakukan donasi pada Saweran Sosial adalah sebagi berikut.

  1. Pilih project/aksi sosial mana yang ingin Anda bantu
  2. Masukkan besar nominal donasi (minimal Rp10.000,-) dan pilih mau melakukan transfer dari bank mana
  3. Sistem akan menentukan besar nominal yang harus ditransfer, dimana biasanya akan ditambahkan 2 digit angka unik untuk memudahkan konfirmasi transfer. Selanjutnya Anda akan diminta melakukan log-in (jika sudah pernah terdaftar sebagai donatur sebelumnya) atau mengisi form register menjadi donatur (jika belum terdaftar).
  4. Sistem akan menginformasikan kembali identitas yang sudah dimasukkan. Di sini kita juga bisa memilih apakah melakukan donasi sebagai “anonim”.
  5. Terakhir, sistem akan menampilkan nomor rekening tujuan transfer. Harap lakukan transfer sesuai nominal dan angka unik yang sudah ditentukan
  6. Lakukan transfer ke rekening yang sudah diinformasikan

saweran-sosial-004

Status donasi bisa kita pantau pada member area. Di sana terdapat pula informasi detail donasi pada kegiatan apa saja yang sudah kita berikan. Jadi jika sudah pernah melakukan donasi sebelumnya, untuk berdonasi lagi di kemudian hari kita cukup log in dengan username dan password yang sudah didaftarkan.

Bersama, Semua Jadi Mungkin dengan Saweran Sosial

saweran-sosial-007

Saweran Sosial  mengusung tagline “Bersama, Semua Jadi Mungkin dengan Saweran Sosial”, dimana program ini bertujuan untuk membangkitkan kembali gerakan dan partisipasi masyarakat atas setiap masalah yang terjadi di sekitar, sehingga bagaimanapun besarnya masalah tersebut bisa diatasi jika diselesaikan bersama.

Yuk mulai berpartisipasi dari sekarang 🙂 Meskipun jumlahnya kecil jika dilakukan bersama-sama dan berkesinambungan pasti akan memberikan hasil yang lebih baik. Apa teman-teman sudah mencoba melakukan aksi sosial pada Saweran Sosial?

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

18 Comments

  • evrinasp May 31, 2016 at 1:22 pm

    jadi ini website khusus donasi ya, siapapun bisa ikutan dengan donasi berapapun juga

    Reply
    • andyhardiyanti June 5, 2016 at 10:11 pm

      Betul sekali mbak 🙂
      Serunya lagi dengan uang 10rb kita sudah bisa ikut memberikan donasi.

      Reply
  • Evi May 31, 2016 at 3:21 pm

    Semakin banyak lembaga pengumpul donasi sosial. Mudah-mudahan dengan saweran sosial ini semakin banyak anak-anak yang kurang beruntung terbantu atau warga negara secara umum. Apalagi sumbangannya tidak harus besar bisa dalam jumlah kecil

    Reply
    • andyhardiyanti June 5, 2016 at 10:12 pm

      Iya mbak. Amiiin 🙂
      Sekarang berdonasi semakin gampang.. tidak perlu mendatangi langsung kantornya. Dengan online juga sudah bisa.

      Reply
  • @kakdidik13 May 31, 2016 at 4:07 pm

    Yuk bergerak dan bertindak, saweran sosial ini sangat bagus ya gerakannya, 🙂

    Reply
  • Ardiba May 31, 2016 at 7:59 pm

    Makin banyak platform donasi massal. Alhamdulillah bersedekah skg semakin dimudahkan.

    Reply
    • andyhardiyanti June 5, 2016 at 10:15 pm

      Betul sekali. Semoga semakin banyak yang bisa dibantu dengan adanya gerakan ini.

      Reply
  • Ery Udya May 31, 2016 at 10:53 pm

    Alamaak.. kuper sekali aku, baru tahu ada website khusus donasi gini. Jumlah minimal untuk berbagi pun kecil. Makasih infonya, Mbak..

    Reply
    • andyhardiyanti June 5, 2016 at 10:15 pm

      Hihihihi.. gak kuper kok. Sekarang kan sudah tahu jadinya.
      Sama-sama. Terima kasih juga sudah mau berkunjung kemari yaa

      Reply
  • Okti Li May 31, 2016 at 11:10 pm

    Jadi saweran ini kaya kitabisa dot kom gitu ya…

    Reply
  • evylia hardy June 1, 2016 at 5:15 am

    Semoga terus dikelola dg baik biar manfaatnya bisa dinikmati orang2 yg membutuhkan

    Reply
    • andyhardiyanti June 5, 2016 at 10:17 pm

      Amiiin…
      Terima kasih dukungannya ya mbak 🙂

      Reply
  • Astin Astanti June 1, 2016 at 7:41 am

    Kalau begini jangkauannya lebih luas ya, donasi bs datang dari mana saja,

    Reply
    • andyhardiyanti June 5, 2016 at 10:17 pm

      Iya mbak. Alhamdulillah teknologi internet bisa memberikan dampak positif. Salah satunya yaa dengan adanya website-website yang mengumpulkan donasi seperti ini.

      Reply
  • Lidya June 8, 2016 at 12:27 am

    mari berbagi dibulan penuh berkah ya mbak

    Reply
    • andyhardiyanti June 9, 2016 at 11:43 am

      iya, mbak. Pas banget momennya nih. Mesti di-share ulang sepertinya di timeline medsos 😀

      Reply

Leave a Comment